Breaking News:

Bank BPD DIY Dipercaya Salurkan Pembiayaan Rumah Subsidi

KPR FLPP  adalah salah satu program pemerintah dalam mendukung kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

dok.istimewa
Rumah KPR Bank BPD DIY 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank BPD DIY kembali dipercaya oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) untuk menyalurkan Kredit Kepemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP).

Hal tersebut diwujudkan dalam PKS yang ditandatangani antara PPDPP dengan 30 bank pelaksana termasuk Bank BPD DIY pada 18 Desember 2020 kemarin.

KPR FLPP  adalah salah satu program pemerintah dalam mendukung kepemilikan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Program ini sudah digulirkan pemerintah sejak tahun 2010 di seluruh Indonesia.

Pemerintah menggulirkan dana bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada tahun 2021 dengan alokasi anggaran Rp 9,1 triliun untuk 157.500 unit rumah melalui 30 bank pelaksana.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, mengatakan penyaluran kredit KPR FLPP Bank BPD DIY tahun 2020 sebanyak 100 unit (100% target 2020), sedangkan tahun 2021 Bank BPD DIY menargetkan untuk menyalurkan 125 unit.

"Bunga pembiayaan sebesar 5% dengan jangka waktu 20 tahun. Kriteria rumah minimal luas tanah 60m2 dengan luas bangunan 36 m2. Syarat penerima KPR FLPP ialah tidak memiliki KPR bersubsidi belum pernah memiliki rumah, dengan gaji pokok maksimal Rp8 juta (suami istri)," ujarnya. 

Adapun lokasi yang ditawarkan di antaranya di Wonosari, Bantul, dan Sleman.

Terdapat lima lokasi perumahan di Wonosari yaitu Grand Handayani Residence Sumbermulyo Kepek, Griya Kurnia II Sumbermulyo Kepek, Bhayangkara Residence Sumbermulyo Kepek, Ndalem Amalia Karangduwet Karangrejek, dan Amalia Regency Karangduwet Karangrejek.

Sedangkan untuk di Bantul yaitu Perum Bangun Graha Metes Sedayu, dan Sleman yaitu Mulia Purnama Residence Godean.

Sebagai PPDPP,  juga telah dilakukan berbagai  gebrakan inovasi penyaluran FLPP dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) yang diperuntukkan bagi masyarakat untuk mencari rumah hanya dalam satu genggaman di smartphone.

Calon pembeli dapat mengakses informasi tentang lokasi perumahan FLPP dari seluruh Indonesia.

( tribunjogja.com )

Penulis: Santo Ari
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved