Breaking News:

Mengenal Lebih Dekat Sosok Pelatih Fisik PSS Sleman, Danang Suryadi

Musim 2020 menjadi tugas perdana seorang Danang Suryadi mengemban tanggung jawab yang cukup besar di PSS Sleman. 

(Dok PSS Sleman)
Pelatih fisik PSS Sleman, Danang Suryadi. 

TRIBUNJOGJA.COM - Musim 2020 menjadi tugas perdana seorang Danang Suryadi mengemban tanggung jawab yang cukup besar di PSS Sleman

Sebab, ialah yang bertugas memastikan penggawa Super Elang Jawa dalam kondisi fisik prima saat bertempur di lapangan hijau.

Sayang, kompetisi sepak bola Tanah Air kemudian terhenti di tengah situasi pandemi dan diputuskan bergulir kembali tahun depan seiring tidak adanya izin dari pihak kepolisian.

Danang Suryadi menjelaskan, sebagai pelatih fisik, program latihan fisik yang ia susun tak bisa asal-asalan. Sebab, program pelatih fisik harus berkaitan dengan program besar dari pelatih kepala.

Baca juga: BREAKING NEWS: TPST Piyungan Penuh, Warga Blokir Akses Masuk, Antrean Truk Sampah Hingga 1 KM

Baca juga: Kapolri Berikan Bintang Bhayangkara Utama kepada Menteri PAN RB dan Menteri ATR/BPN

"Jadi pelatih fisik harus berkoordinasi dengan pelatih kepala, dia (pelatih kepala) mau game plan seperti apa, filosofi bermain seperti apa, formasi berapa, kemudian defend, offend dan transisi seperti apa. Nanti pelatih fisik akan menyesuaikan dengan plan pelatih kepala, jadi berkesinambungan lah fisik dan taktiknya pelatih kepala," jelas eks pelatih fisik Persebaya Surabaya ini.

"Misal bermain dengan pemain sayap cepat nih, karena kelebihan kita ada di situ. Dan kita akan mengeksplorasi itu. Nah tugas saya sebagai pelatih fisik itu harus mempunyai latihan yang menggambarkan cara dia bermain dari filosofi coach, supaya berkesinambungan jadi pelatih fisik harus menyesuaikan," tambahnya.

Adapun untuk mengukur sejauh mana progres dari latihan fisik yang sudah dijalankan, Danang menjelaskan, hal tersebut diukur melalui beberapa komponen tes fisik.

"Di awal beberapa komponen fisik di tes, kemudian pemain diberikan program latihan. Setelah program latihan dijalankan, akan ada tes fisik kedua. Itu kemudian di-compare dan dilihat bagaimana progresnya," jelasnya.

Lebih lanjut Danang mengatakan, fisik, teknik, taktik, serta mental merupakan aspek yang saling terkait dalam sepak bola.

Namun berdasar pengalamannya di lapangan, mental merupakan fondasi yang sangat penting bagi pesepak bola sebelum turun ke latihan.

Halaman
123
Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved