Breaking News:

Libur Natal dan Tahun Baru

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Suasana di Terminal Ir Soerkarno Klaten Masih Sepi

Belum terjadi peningkatan jumlah penumpang menjelang libur Natal 2020 dan tahun baru 2021 di Terminal Ir Soekarno Kabupaten Klaten.

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Koordinator Terminal Ir Soekarno Kabupaten Klaten, Marjono saat Tribun Jogja temui di terminal tersebut, Kamis (17/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Belum terjadi peningkatan jumlah penumpang menjelang libur Natal 2020 dan tahun baru 2021 di Terminal Ir Soekarno Kabupaten Klaten.

Pantauan Tribun Jogja di lokasi sekitar pukul 11.20, arus lalu lintas kedatangan dan keberangkatan bus antar kota antar provinsi (AKAP) di terminal tipe A itu masih terlihat sepi.

Kursi-kursi kedatangan penumpang yang biasanya dihuni oleh masyarakat yang menunggu keluarganya datang dari luar kota di terminal tersebut terlihat nyaris kosong.

Koordinator Terminal Ir Soekarno Kabupaten Klaten, Marjono mengatakan bahwa pihaknya memprediksi, jumlah penumpang yang datang ke terminal tipe A itu akan meningkat mulai H-3 Natal 2020.

Baca juga: Dinsos DIY Peringati Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) dengan Memperkuat Restorasi Sosial 

Baca juga: Peringatan Dini BMKG : Waspadai Potensi Hujan dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Ini Jumat Besok

"Sampai saat ini jumlah kedatangan penumpang masih sepi, belum ada lonjakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita prediksi H-3 Natal ada lonjakan, tapi itu pun juga tidak seramai waktu normal ya," kata Marjono saat Tribun Jogja temui di terminal tersebut, Kamis (17/12/2020).

Menurutnya, ada sejumlah faktor yang menyebabkan  sepinya jumlah penumpang yang datang dan berangkat di terminal tersebut menjelang libur Natal dan tahun baru 2021 tersebut.

Beberapa di antaranya karena masih pandemi COVID-19 dan tidak jadinya libur panjang akhir tahun seperti yang sempat diumumkan pemerintah beberapa waktu lalu.

"Libur panjang kan tidak jadi. Menurut saya itu jadi satu dari sejumlah faktor penyebab masih sepinya jumlah kedatangan penumpang," jelasnya.

Menurut Marjono, dalam data tiga hari terakhir, jumlah penumpang bus AKAP yang turun di terminal itu saat malam hari berjumlah 46 penumpang, sedangkan untuk keberangkatan dari terminal itu menuju luar kota saat malam hari berjumlah 51 penumpang.

Baca juga: Berikut Daftar Harga Kebutuhan Pokok di Gunungkidul yang Merangkak Naik jelang Libur Nataru

Baca juga: Pantau Pencarian, Abdul Halim Muslih: Kami Tidak Ingin Parangtritis Jadi Laut Kematian Wisatawan

Meski jumlah aktivitas di terminal masih sepi, diakui Marjono, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di terminal dengan wajib menggunakan masker, jaga jarak, wajib mencuci tangan dan mengecek suhu tubuh.

Selain itu, pihaknya juga mendata penumpang yang datang dari luar kota dan turun di terminal tersebut.

"Kalau penumpang yang turun disini kita catat datanya sepeti asal kota kedatangan dari mana dan domisili disini dimana, nanti data itu kita serahkan ke Satgas COVID-19 Klaten untuk ditelusuri," imbuhnya. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved