Breaking News:

Laboratorium Klinik Pramita, Pilihan Utama Orang Ternama

Guna menjaga keamanan serta kenyamanan pelanggan, Laboratorium Klinik Pramita senantiasa menerapkan service excellence dan protokol kesehatan.

DOK. Humas Pramita Lab
Laboratorium Klinik Pramita (Pramita Lab) merupakan laboratorium klinik modern yang memiliki 34 cabang di beberapa kota besar di Indonesia. 

TRIBUN-JOGJA.com – Guna menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan selama masa pandemi, Laboratorium Klinik Pramita (Pramita Lab) menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Hal ini dilakukan dengan tetap mengedepankan service excellence .

Laboratorium klinik modern ini pun senantiasa berinovasi untuk meningkatkan teknologi yang digunakan dalam melayani pemeriksaan kesehatan, khususnya Covid-19. Adapun layanan pengecekan yang dimiliki Pramita Lab untuk mendeteksi virus corona meliputi tes virologi hingga tes serologi.

Tes virologi menjadi bentuk pengujian gold standard dalam mendiagnosa pasien, baik itu yang terkonfirmasi maupun tidak terkonfirmasi Covid-19. Ini dikarenakan tes tersebut mampu mendeteksi keberadaan fragmen virus, seperti protein atau asam nukleat.

Asam nukleat sendiri dapat dideteksi melalui tes amplifikasi asam nukleat (NAAT) yang merupakan gold standard konfirmasi infeksi SARS-CoV-2, seperti real time reverse-transcription polymerase chain reaction (RT-PCR).

Laboratorium Klinik Pramita (Pramita Lab) menyediakan berbagai layanan pemeriksaan Covid-19, seperti tes serologi dan tes antigen.
Laboratorium Klinik Pramita (Pramita Lab) menyediakan berbagai layanan pemeriksaan Covid-19, seperti tes serologi dan tes antigen. (DOK. Humas Pramita Lab)

Opsi lain dari tes virologi adalah tes antigen yang mampu mendeteksi keberadaan protein virus SARS-CoV-2. Pengujian ini memiliki sejumlah keunggulan, yaitu waktu pemeriksaan kurang dari 60 menit, prosedurnya lebih sederhana, dan biayanya lebih terjangkau dibandingkan RT-PCR.

Selanjutnya adalah tes serologi. Tes ini mendeteksi adanya antibodi dalam tubuh sebagai respon imun terhadap infeksi SARS-CoV-2. Hasil yang reaktif menunjukan pasien pernah kontak atau terpapar dengan virus tersebut.

Tes serologi cocok digunakan untuk mengamati dan menyaring para penderita tanpa gejala (asimtomatik). Sebab, antibodi sudah terdeteksi pada akhir minggu pertama, yaitu lima hingga tujuh hari setelah gejala timbul.

Tes pendukung lain yang tersedia di Pramita Lab, di antaranya pemeriksaan hematologi lengkap, neutrophil to lymphocyte count ratio (NLCR), C-reactive protein (CRP), D-Dimer, laktat dehidrogenase (LDH), IL-6, dan rontgen thorax. 

Kelebihan dari pemeriksaan Covid-19 di Pramita Lab adalah reagen grade IVD yang telah tervalidasi sesuai standar internasional. Selain itu, peralatan yang digunakan juga berteknologi terkini dan dilakukan oleh petugas terlatih sehingga keakuratan tes terjamin.

Laboratorium Klinik Pramita (Pramita Lab) menyediakan layanan One Day Service khusus pemeriksaan Swab Test SARS-CoV-2 RNA (PCR).
Laboratorium Klinik Pramita (Pramita Lab) menyediakan layanan One Day Service khusus pemeriksaan Swab Test SARS-CoV-2 RNA (PCR). (DOK. Humas Pramita Lab)

Saat ini, sudah tersedia layanan pemeriksaan virologi RT PCR SARS-CoV-2 dengan hasil yang dapat keluar pada hari yang sama sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Halaman
12
Penulis: Hotria Mariana
Editor: Alia Deviani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved