Breaking News:

UMKM Didorong Ikut Serta di Setiap Marketplace untuk Memperluas Pangsa Pasar

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY turut mengambil peran dalam memberdayakan UMKM di masa pandemi Covid-19

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
dok. Permaisuri Paku Alam X yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dekranasda DIY, GKBRAy Paku Alam 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY turut mengambil peran dalam memberdayakan UMKM di masa pandemi Covid-19.

Salah satu upaya yang dilakukan belum lama ini adalah terlibat dalam talkshow bertema tema 'Inspirasi Jogja Istimewa Menembus Batas: Pemberdayaan UMKM untuk Kesejahteraan Keluarga'

Wakil Ketua Dekranasda DIY, GKBRAy Adipati Paku Alam X menyatakan upaya pemulihan ekonomi harus dibarengi dengan pemenuhan protokol kesehatan.

Baca juga: Bawaslu Sleman : Dugaan Pelanggaran Pilkada Tertangani, Surat Suara Ganda hingga Ukuran Bilik

Baca juga: UPDATE Covid-19 11 Desember 2020 Hari Ini: Bertambah 6.310, Kasus Kumulatif Tembus 600 Ribu Lebih

Selain itu, agar koperasi dan UMKM dapat bertahan hidup selama pandemi Covid-19 ini, maka yang perlu dilakukan ialah efisiensi produksi dan mengubah pola pemasaran yang selama ini luring menjadi daring.

"Agar koperasi dan UMKM bisa tetap hidup harus mau ikut serta dalam setiap marketplace untuk memperluas pangsa pasar, serta menambah jaringan sesama produsen untuk melakukan kebiasaan baru," ujarnya.  

Menurutnya, sebagai budaya dasar bangsa Indonesia, yakni hidup bergotong royong secara kekeluargaan, maka pola hidup kebersamaan, saling berbagi sesama pelaku usaha dan sesama masyarakat dalam mengatasi setiap masalah tentu lebih baik dilakukan.

"Baik itu mengatasi masalah di bidang kebutuhan sehari-hari, produksi, sampai pemasaran," imbuh Gusti Putri.

Baca juga: Toyota Alphard Milik Wisatawan Asal Bogor Ringsek Ditabrak Sepeda Motor di Kotabaru Yogyakarta

Baca juga: Peringatan Dini BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Ini Sabtu Besok

Gusti Putri pun menegaskan, peran perempuan sangat diperlukan dalam kehidupan dan penghidupan rumah tangga, baik saat bertindak sebagai kepala keluarga karena situasi dan kondisi, serta kolaborasi dengan suami maupun anggota keluarga lain dan anggota masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menekankan bahwa pihaknya selalu berupaya memperlakukan pelaku usaha maupun koperasi tidak hanya sebagai objek, tapi juga subjek.

Segala bentuk kolaborasi dan sinergi dilakukan untuk memajukan koperasi dan UMKM di DIY.

"Kami menjadikan kantor Dinas Koperasi dan UKM DIY ini sebagai rumah bagi para pelaku UMKM, koperasi dan masyarakat luas yang ingin mencari serta berbagi ilmu maupun informasi terkait usaha. Kolaborasi dan sinergi yang kami lakukan juga selalu kami upayakan untuk bisa benar-benar bermanfaat," ungkapnya. (nto) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved