Breaking News:

Bantu Kelola Sampah, Amikom Yogyakarta Gelar Desiminasi Teknologi Mobile Application Matrash

Amikom Yogyakarta gelar Desiminasi Teknologi Mobile Application Matrash Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut.

Dok. Humas Amikom Yogyakarta
Ilustrasi Desiminasi Teknologi Mobile Application Matrash 

TRIBUNJOGJA.COM - Desiminasi Teknologi Mobile Application Matrash dalam inovasi Pengelolaan Sampah di Pesisir Desa Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur (Jatim), merupakan kegiatan yang dilaksanakan tim dosen Universitas Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (Amikom) Yogyakarta.

Kegiatan tersebut diketuai Dosen Prodi Sarjana Kewirausahaan Suyatmi dan anggotanya yaitu, Dosen Prodi Geografi, Khusnawi dan Dosen Prodi Informatika Rifda Faticha Alfa Aziza.

Selain bekerja sama dengan para dosen yang kompeten, kegiatan itu juga menggandeng Yayasan Mangrove Center dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokwasmas) di Pesisir Desa Jenu Kabupaten Tuban yang dipimpin Ali Mansur.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Agustus sampai dengan Desember 2020 itu juga didanai oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) atau Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Desiminasi Teknologi Mobile Application Matrash digelar karena berdasarkan data Jambeck tahun 2015, Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut .

Bahkan, sampah yang dibuang ke laut mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah China yang mencapai 262,9 juta ton.

Setiap tahun, produksi plastik menghasilkan sekitar delapan persen hasil produksi minyak dunia atau sekitar 12 juta barel minyak atau setara 14.000.000 pohon.

Tak sampai di situ saja, lebih dari satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya, dan 50 persen dari kantong plastik tersebut dipakai hanya sekali lalu langsung dibuang.

Sedangkan dari angka tersebut, hanya 5 persen yang benar-benar di daur ulang.

Sementara itu, salah satu akar masalahnya bukan hanya dari regulasi penggunaan plastik, namun juga kesadaran dan budaya masyarakat yang masih sering membuang sampah sembarangan.

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved