Breaking News:

Bank BPD DIY Luncurkan QUAT untuk Perkuat dan Tingkatkan Potensi Transaksi Digital di DIY

Aplikasi QUAT merupakan aplikasi mobile yang dihadirkan untuk memfasilitasi transaksi digital dalam jaringan QRIS bagi pelaku usaha

Tribun Jogja/ Santo Ari
Bank BPD DIY meluncurkan QRIS Ultimate Automated Transaction (QUAT) yang merupakan sebuah aplikasi penerbitan QRIS bagi pemilik usaha di Sinergi Cowork & Network Space 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menandai peresmian Logo HUT ke-59, Bank BPD DIY secara resmi meluncurkan berbagai inovasi dan program layanan transaksi digital, Rabu (25/11/2020).

QUAT (QRIS Ultimate Automated Transaction) merupakan sebuah aplikasi penerbitan QRIS bagi pemilik usaha dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standardisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, menjelaskan aplikasi QUAT merupakan aplikasi mobile yang dihadirkan untuk memfasilitasi transaksi digital dalam jaringan QRIS bagi pelaku usaha.

Dengan kelebihan antara lain transaksi pembayaran dibukukan secara realtime, dapat menerima pembayaran dari berbagai QRIS issuer, mendukung fitur pemberian tips dan refund (pengembalian).

Sejalan dengan peluncuran aplikasi QUAT, fitur pembayaran QRPay ditambahkan pada layanan BPD DIY Mobile untuk merespon dan mengoptimalkan berbagai transaksi.

Berbagai fitur dan kemudahan QR Pay di antaranya pembayaran langsung debet dari rekening nasabah tidak perlu top-up ke e-wallet, pembayaran ke semua merchant QRIS, tanpa biaya transaksi.

Santoso menekankan, UMKM adalah yang mereka sasar dalam penggunaan QUAT dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah.

"Karena umkm kebanyakan bergerak pada kebutuhan dasar, maka kita perlu bantu untuk percepatan akses ke perbankan, salah satunya adalah melalui QRIS," ujarnya,

Melalui sistem ini, otomatis para pelaku UMKM dapat melakukan pembukuan secara digital di mana hasilnya tersebut dapat digunakan bank untuk memberikan bantuan kredit.

Setidaknya ada lebih dari 200 ribu UMKM yang ada di DIY, maka dari itu ia memerintahkan kepada semua cabang untuk menjaring sebanyak-banyaknya para pelaku UMKM agar dapat menggunakan QRIS.

Lebih lanjut ia mengatakan, menjadi komitmen Bank BPD DIY untuk terus berperan meningkatkan potensi ekonomi di Yogyakarta dan mengoptimalkan perputaran transaksi dan penempatan dana daerah.

Momentum HUT ke-59 yang akan diperingati Desember mendatang menjadi tonggak untuk meluncurkan berbagai inovasi baru layanan perbankan digital.

Untuk merangkum peresmian layanan digital ini, Bank BPD DIY menggelar program 'Bersama Bangkitkan Jogja' yang akan digelar pada bulan Desember 2020, di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Program ini akan melibatkan 250 pelaku usaha dan UMKM dimana keseluruhan rangkaian transaksi akan diselenggarakan dengan pembayaran melalui QRIS Bank BPD DIY. (*)

Penulis: Santo Ari
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved