Breaking News:

Calon Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo Didoakan Menang

Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa didoakan oleh kelompok Singiran di Padukuhan Samirono, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman

Editor: Ikrob Didik Irawan
Ist
Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa didoakan oleh kelompok Singiran di Padukuhan Samirono, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman agar mendapatkan kemenangan pada pemilihan 9 Desember 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa didoakan oleh kelompok Singiran di Padukuhan Samirono, Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman agar mendapatkan kemenangan pada pemilihan 9 Desember mendatang, Kamis (19/11/2020) malam.

Dalam acara tahlil dan doa bersama kelompok singiran tersebut, turun hujan yang sangat lebat.

Namun, deras hujan tidak menyurutkan antusias puluhan warga yang tetap lantang melantunkan kalimat tahlil dan doa.

Calon Bupati nomor urut 3, Kustini Sri Purnomo datang langsung untuk berdoa bersama masyarakat yang masih melestarikan salah satu budaya jawa tersebut.

Seusai doa, pasangan Danang Maharsa itu menyampaikan apresiasinya kepada warga padukuhan Samirono.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat kelompok singiran yang telah kompak dan solid dalam mendukung kami. Semoga doa malam hari ini yang diiringi hujan, diberkahi dan diijabahi oleh Allah," ucap Kustini dalam rilis yang diterima tribunjogja.com.

Kustini Sri Purnomo juga mengapresiasi kemauan masyarakat Samirono yang masih mau "nguri-nguri" budaya singiran yang dalam era saat ini hampir sulit untuk ditemui.

"Ibu saya dulu masih sering melakukan singiran. Jadi saat tadi saya mengikuti sejak awal, saya jadi keingat waktu dulu," jelasnya.

Singiran sendiri adalah budaya jawa yang telah ada sejak jaman dulu. Singiran adalah bentuk seni suara jawa berupa tembang yang dilantunkan di tengah-tengah tahlilan.

Di Kabupaten Sleman sendiri, budaya ini hanya bisa ditemukan di wilayah tertentu saja salah satunya di Samirono.

Kustini berharap, pelestarian singiran di Kabupaten Sleman bisa tetap dilakukan dan bisa eksis.

"Kegiatan ini salah satu tujuannya adalah untuk menguatkan keimanan kita. Sholawatan kita uri-uri sebagai bentuk hubungan kita dengan Allah atau hablum minallah," terang Kustini.

Dilanjutkan Kustini Sri Purnomo, ia mengajak kepada seluruh masyarakat Samirono dan Sleman pada umumnya untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada meskipun dilaksanakan di tengah pandemi.

"KPU sudah menyiapkan kegiatan yang insyallah aman dan tidak menimbulkan klaster baru. Mari sama-sama kita ciptakan pilkada damai, jangan ada saling menjatuhkan satu sama lain, karena kita orang jawa yang sangat halus dan berbudi bahasa dalam ucapan," pungkas Kustini. (rls)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved