Breaking News:

Nasi Aking, Sumber Pangan Alternatif Bagi Penderita Diabetes

Diabetes biasa disebut oleh masyarakat awam sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula. Hal ini dikarenakan tingginya kadar glukosa dalam darah

Ist
Nasi Aking, Sumber Pangan Alternatif Bagi Penderita Diabetes 

MENURUT data riskesdas tahun 2018, diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit degenerative yang hingga saat ini menjadi penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia dengan persentase 6,7 %, setelah stroke (21,1 %) dan penyakit jatung koroner (12,9 %).

Diabetes biasa disebut oleh masyarakat awam sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula. Hal ini dikarenakan tingginya kadar glukosa dalam darah.

Diabetes sendiri terbagi menjadi dua tipe yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan kekurangan produksi insulin dalam tubuh akibat destruksi atau menurunnya kerja pankreas, sedangkan diabetes tipe 2 disebabkan oleh faktor gaya hidup, seperti pola makan berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, diet lemak tinggi, kurangnya konsumesi serat, garam dan gula yang berlebih.

Penderita diabetes jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun dan terjadi di negara-negara di dunia. Menurut data WHO tahun 2006, diprediksi kenaikan jumlah penderita DM di Indonesia menurut WHO (World Health Organization) dari 8,4 juta pada tahun 2000 menjadi sekitar 21,3 juta pada tahun 2030.

Angka tersebut merupakan angka yang cukup tinggi. Dilihat dari gaya hidup masyarakat yang konsumtif, lebih menyukai makanan cepat saji yang tinggi lemak, serta makanan dan minuman kekinian yang tinggi gula, tinggi garam dan rendah serat, tidak diimbangi dengan aktivitas fisik dapat menjadi faktor resiko terjadi DM tipe 2.

Nasi dianggap sebagai makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes, dikarenakan tingginya indeks glikemik yang dapat mempercepat kenaikan glukosa darah setelah makan.

Tapi tau kah anda? Ada produk dari nasi yang dapat dijadikan solusi yaitu nasi aking. Nasi aking adalah sisa nasi yang tidak termakan dan masih bersih, kemudian dikeringkan.

Pada beberapa daerah biasanya nasi aking yang telah dijemur dijadikan makanan ternak, atau dikonsumsi oleh masyarakat dengan cara digoreng, padahal ketika digoreng maka kandungan minyak terserap dalam nasi aking akan semakin tinggi, dan tentunya tidak baik bagi Kesehatan.

Nasi aking sebagai solusi bagi penderita Diabetes Mellitus tipe 2

Berdasarkan hasil review beberapa literatur, nasi aking dapat dijadikan solusi pangan bagi penderita diabetes tipe 2. Nasi aking memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti bahwa setelah proses pencernaan tidak serta merta atau mudah meningkatkan kandungan glukosa (gula) dalam darah. Nasi aking juga mengandung pati resisten (pati tahan cerna).

Halaman
12
Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved