Breaking News:

Sejarah Penetapan 7 November Sebagai Hari Wayang Nasional, Wujud Apresiasi Budaya Asli Indonesia

Penandatanganan Keppres penetapan Hari Wayang Nasional 7 November tersebut dilakukan Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/12/2018).

Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / Setya Krisna Sumargo
Pertunjukan wayang kulit "Wayang Diponegoro" di Ndalem Yudonegaran, Jalan Ibu Ruswo, Selasa (12/11/2019), menampilkan dalang Ki Catur Benyek Kuncoro. 

TRIBUNJOGJA.COM - Hari Wayang Nasional diperingati setiap 7 November. Peringatan Hari Wayang Nasional sendiri diatur melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional.

“Menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional," bunyi diktum kesatu Keppres tersebut sebagaimana dikutip dari laman Setkab.

Lantas bagaimana sejarah Hari Wayang Nasional?

Penandatanganan Keppres penetapan Hari Wayang Nasional 7 November tersebut dilakukan Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/12/2018).

Baca juga: Permintaan dan Tawaran Ki Manteb Sudarsono kepada Putra Almarhum Ki Seno Nugroho, Gading Pawukir

Baca juga: Doakan Ki Seno Nugroho, Dalang Dwijo Kangko Gelar Pentas Wayang Kresna Umbul Donga

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 11 Desember 2018, kebijakan itu diambil saat presiden menerima 40-an seniman dan budayawan di Istana Merdeka.

"Kayaknya hampir lima tahun itu sudah diusulkan. Tadi begitu diusulkan lagi, disuruh cari file- nya dan langsung ditandatangani Presiden," ujar pendongeng asal Aceh, Agus Nur Amal yang kerap dipanggi PM Toh waktu itu.

Kekayaan budaya Indonesia

Para seniman serta budayawan sangat mengapresiasinya kebijakan presiden.

Hal ini karena meski wayang sudah menjadi kekayaan budaya Indonesia, hingga saat ini belum ada payung hukum yang mendukung pelestariannya.

"Apalagi wayang kan sudah menjadi salah satu heritage internasional. Jadi memang sudah pas ya," ujar PM Toh.

Seorang peserta Festival Dalang Anak dan Remaja saat menampilkan pementasan wayang di Taman Budaya Yogyakarta, Jumat (28/8/2020)
Seorang peserta Festival Dalang Anak dan Remaja saat menampilkan pementasan wayang di Taman Budaya Yogyakarta, Jumat (28/8/2020) (Tribun Jogja/ Nanda Sagita Ginting)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved