Breaking News:

Yogyakarta

Terlalu Lama Menunggu Tanjung Adikarto, Sri Sultan HB X Pilih Kembangkan Pelabuhan Gesing

Terlalu Lama Menunggu Tanjung Adikarto, Sri Sultan HB X Pilih Kembangkan Pelabuhan Gesing

Tribun Jogja
Suasana Pantai Gesing, terlihat beberapa wisatawan sedang menikmati keindahan pantai yang terletak di Kecamatan Panggang, Gunungkidul ini, Jumat (14/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Tak ingin lama-lama menunggu kajian anggaran dan studi kelayakan pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto, Kabupaten Kulon Progo, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X memilih untuk perencanaan serupa di wilayah Gesing, Kabupaten Gunungkidul.

Langkah tersebut dilakukan lantaran kajian yang dimulai sejak 2004 untuk pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto tak kunjung mendapat titik terang sampai saat ini.

Problem teknis yakni penentuan metode tetrapot atau pemecah ombak masih menjadi masalah yang belum terselesaikan.

Semula Sri Sultan HB X sempat optimis lantaran pemerintah DIY merencanakan lahan seluas 80 hektar untuk keperluan fasilitas pelabuhan tersebut, namun demikian 80 hektar itu justru termasuk included kawasan air.

"Karena perkiraan kami dulu ada lahan 80 hektar untuk fasilitas lain. Tapi ternyata 80 hektar itu included kawasan air. Jadi masih agak pusing ini mencari pilihan feasible atau gak feasible," kata Sultan saat di Kepatihan, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Sudah Telan Anggaran Ratusan Miliar, Dewan Tagih Penyelesaian Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto

Lantaran studi yang di Tanjung Adikarto masih terus berlangsung, Sultan sembari mempersiapkan pengembangan lain yakni di Pantai Gesing, Kabupaten Gunungkidul.

Dengan harapan, ke depan menjadi alternatif kapal untuk mendarat daripada menunggu pembangunan di Tanjung Adikarto.

"Memang kajian keuangan di departemen belum selesai. Daripada nunggu-nunggu gitu ya coba kami kembangkan yang di Gesing. Dengan harapan ada alternatif kapal yang mendarat. Daripada nunggu yang Adikerto kapan selesainya," ujarnya.

Sultan mengakui kondisi tersebut cukup sulit untuk ditentukan. Namun demikian Sultan memastikan kapasitas pelabuhan Gesing juga tak kalah besar dari pelabuhan Tanjung Adikerto.

Disinggung mengenai progres pembangunan yang di Gesing, sejauh ini pemerintah DIY baru mempersiapkan master plan dan baru akan dimulai.

"Ya mungkin kami akan bangun fisiknya secara besar. Dalam artian lahan di sana cukup berapa dan sebagainya. Karena ada Sultan Ground yang itu nanti mengganggu, atau boleh dijual belikan atau ndak. Ini perlu dipertimbangkan," pungkasnya.(Tribunjogja/Miftahul Huda)

Penulis: Miftahul Huda
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved