Breaking News:

Kumpulan Doa

Kumpulan Doa dan Amalan di Pagi Hari Sebelum Beraktivitas, Memohon Diberi Kelancaran dan Rezeki

Menurut Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW membaca beberapa doa dan dzikir untuk pagi hari.

Editor: Rina Eviana
Handout / SPA / AFP
Jamaah haji Mulism berdoa di Jabal al-Rahma sebelah tenggara kota suci Mekah, selama puncak haji haji. di tengah pandemi COVID-19 

Tribunjogja.com - Pagi hari merupakan awal orang-orang memulai aktivitas. Sebagai umat muslim maka sebaiknya sebelum memulai hari untuk berdoa.

Doa di pagi hari dipanjatkan agar apa yang kita lakukan mendapat kelancaran juga dimurahkan rezeki oleh Allah SWT.

Menurut Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW membaca beberapa doa dan dzikir untuk pagi hari.

Sebuah foto yang rilis oleh Kementerian Media Saudi pada 30 Juli 2020 menunjukkan jamaah haji Mulism berdoa di Gunung Arafat, juga dikenal sebagai Jabal al-Rahma (Gunung Belaskasih), sebelah tenggara kota suci Mekah, selama puncak haji haji di tengah pandemi COVID-19. 

Jemaah haji Muslim berkumpul di Gunung Arafat Arab Saudi dengan jumlah yang sedikit di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya.
Sebuah foto yang rilis oleh Kementerian Media Saudi pada 30 Juli 2020 menunjukkan jamaah haji Mulism berdoa di Gunung Arafat, juga dikenal sebagai Jabal al-Rahma (Gunung Belaskasih), sebelah tenggara kota suci Mekah, selama puncak haji haji di tengah pandemi COVID-19. Jemaah haji Muslim berkumpul di Gunung Arafat Arab Saudi dengan jumlah yang sedikit di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. (Saudi Ministry of Media / AFP)

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 63.

Doa itu antara lain :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya, “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Selain doa tersebut, Imam An-Nawawi juga mengutip doa dan dzikir di pagi hari oleh Rasulullah SAW. Diriwayatkan oleh Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved