Breaking News:

Penanganan Covid

Puluhan Pelanggar Protokol Kesehatan Terjaring Operasi Yustisi di Kota Magelang

Dari operasi Yustisi, Rabu (7/10/2020) di Alun-alun Kota Magelang, puluhan warga kedapatan masih tak mengenakan masker.

Tribunjogja/ Rendika Ferri K
Puluhan warga kedapatan masih tak mengenakan masker pada Operasi Yustisi oleh petugas gabungan dari Polres Magelang Kota, Kodim 0705/Magelang dan Satpol PP Kota Magelang, di Alun-alun Kota Magelang, Rabu (7/10/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebagian masyarakat di Kota Magelang terlihat belum disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Dari operasi Yustisi oleh petugas gabungan dari Polres Magelang Kota, Kodim 0705/Magelang dan Satpol PP Kota Magelang, Rabu (7/10/2020) di Alun-alun Kota Magelang, puluhan warga kedapatan masih tak mengenakan masker.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Ari Setyawan, melalui Kasubag Humas Polres Magelang Kota, Iptu Suharto, mengatakan, Operasi Yustisi ini sesuai Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Polres Magelang Kota yang terdiri dari Satlantas dan Sat Sabhara, personel Kodim 0705/Magelang dan Satpol PP Kota Magelang, menggelar operasi tersebut pada Rabu (7/10/2020) sekitar pukul 09.30-10.30 WIB.

"Tujuan kegiatan ini untuk menindaklanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Polres melakukan pengawasan pelaksanaan Protokol Kesehatan dan melakukan pembinaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid – 19," tuturnya, Rabu (7/10/2020).

Wali Kota Magelang: Pembangunan Fisik Mengacu Skala Prioritas

Pemkot Magelang Targetkan Tiga Proyek Pembangunan Gedung Selesai Tahun 2020 Ini

Hasil Operasi Yustisi Gabungan yang dilaksanakan di Jalan Diponegoro (SMK 1 Kristen Kota Magelang) dan Simpang Masjid Agung, Alun-alun Kota Magelang, terdapat 22 orang pelanggar tak mengenakan masker.

Sebanyak 16 orang ditegur secara tertulis, enam ditegur secara lisan dan 12 orang diberikan sanksi sosial.

"Sebanyak 22 orang tidak mengenakan masker. Teguran tertulis kepada 16 orang, teguran lisan 6 orang dan sanksi sosial sebanyak 12 orang. Sanksinya sendiri adalah mengucapkan saya malu tak menggunakan masker," tuturnya.

Selain melakukan operasi Yustisi, petugas juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar taat protokol kesehatan.

Konsentrasi massa yang tidak memperhatikan protokol kesehatan diberikan teguran. Pemahaman kepada masyarakat Adaptasi Kebiasaan Baru.

"Pelaksanaan aktivitas tersebut selalu mengedepankan Protokol Kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kontak fisik dan mengedepankan pola hidup sehat dengan sering mencuci tangan dengan sabun," katanya. (Rfk)

Catatan Redaksi: Bersama kita lawan virus corona. Tribunjogja.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu 3M:
- Wajib memakai masker
- Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan
- Wajib mencuci tangan dengan sabun

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved