Breaking News:

Pendidikan

Disdik Kota Yogya Berencana Tambah Jumlah Penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi KMS Tahun Depan

Direncanakan jumlah mahasiswa yang berhak menerima beasiswa tahun depan bertambah hingga 1,5 sampai 2 kali lipat.

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Maruti Asmaul Husna Subagio
Kepala UPT JPD Disdik Kota Yogyakarta, Manarima. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta resmi mengeluarkan surat keputusan tentang 100 mahasiswa penerima beasiswa prestasi mahasiswa pemegang kartu menuju sejahtera (KMS) tahun 2020.

Sebanyak 100 mahasiswa tersebut terpilih melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat dari 188 mahasiswa yang mendaftar. 

Disdik Kota Yogyakarta melalui UPT Jaminan Pendidikan Daerah (JPD) tidak menyangka jumlah pendaftar tahun ini akan sebanyak itu.

Oleh karena itu, direncanakan jumlah mahasiswa yang berhak menerima beasiswa tahun depan bertambah hingga 1,5 sampai 2 kali lipat.

Sebanyak 100 Mahasiswa Akan Dapat Beasiswa Rp 2 Juta untuk Satu Tahun dari Pemkot Yogyakarta

Hal itu disampaikan Kepala UPT JPD Disdik Kota Yogyakarta, Manarima.

"Tahun ini kami tidak mengira sebanyak itu yang mendaftar. Kami mengusulkan untuk lebih banyak lagi kuotanya di tahun depan," ujar Manarima saat ditemui di Disdik Kota Yogyakarta, Rabu (7/10/2020).

"Karena kita harus mengapresiasi anak-anak KMS yang benar-benar punya motivasi untuk kuliah. Mungkin kita tambah jumlahnya menjadi 150-200 penerima.  Nanti tinggal tim anggaran disetujui yang mana. Mudah-mudahan lebih banyak yang termotivasi untuk kuliah," sambungnya.

Selain jumlah penerima, Manarima mengungkapkan pihaknya juga berencana menambah besaran beasiswa yang diterima.

Persyaratan Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Pemegang KMS Atau KSJPS Kota Yogyakarta

"Tahun depan besarannya juga kami usahakan lebih," tambahnya. 

Tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, besaran beasiswa mahasiswa berprestasi pemegang KMS Kota Yogyakarta adalah sebesar Rp2 juta.

Terkait syarat pendaftaran, calon penerima beasiswa sebelumnya harus mengirim berkas persyaratan kepada UPT JPD Disdik Kota Yogyakarta melalui surat elektronik atau secara online hingga batas waktu yang ditentukan setiap tahunnya.

Selain itu, peserta harus berasal dari KSJPS atau terdaftar dalam KMS, peserta terdaftar dalam kartu keluarga (KK) atau C1 Kota Yogyakarta, serta sudah menempuh pendidikan tinggi minimal 2 semester dan maksimal 7 semester. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved