Breaking News:

Yogyakarta

KPU DIY Minta Paslon Cari Dukungan dengan Cara Lain

KPU melalui PKPU 10/2020 tidak melarang adanya konser musik dalam masa kampanye pada kondisi pandemi ini. Hal tersebut tertuang dalam pasal 63 yang m

Penulis: Kurniatul Hidayah | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU melalui PKPU 10/2020 tidak melarang adanya konser musik dalam masa kampanye pada kondisi pandemi ini.

Hal tersebut tertuang dalam pasal 63 yang mengatakan bahwa salah satunya yakni konser musik tidak melanggar larangan kampanye.

Dimintai tanggapan mengenai hal tersebut, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan bahwa aturan tersebut berlaku nasional.

Namun ia menegaskan, bahwa dalam PKPU 10/2020 juga diberlakukan mengenai pembatasan jumlah orang.

"Misal rapat umum yang biasanya ada kegiatan musik dan seterusnya itu kan dibatasi jumlahnya hanya 100 orang dan dilaksanakan sekali saja. Jumlahnya sedikit," ucapnya, Jumat (18/9/2020).

Saat Biduan Dangdut di Kudus Turun ke Jalan Goyang Kantor Bupati, Minta Pemerintah Izinkan Konser

Melalui peraturan tersebut, Hamdan berharap bahwa itu menjadi pemikiran bagi Paslon dalam menyelenggarakan kegiatan pengumpulan masa yang berkerumun, tidak terlalu efektif untuk menjangkau dukungan massa.

"Meski itu hak calon, pembatasan itu memaksa calon mencari dukungan dengan cara lain apalagi pandemi masyarakat juga enggan datang. Sesungguhnya sinyal-sinyal penting untuk teman-teman peserta pemilihan untuk mencari cara kampanye untuk menghindari penularan Covid-19," urainya.

Pihaknya sebagai penyelenggara Pilkada pun mengimbau agar Paslon tidak mengumpulkan massa dan mencari cara yang lain.

"KPU menyediakan alat dan bahan kampanye langsung ke tangan warga, basisnya kepala keluarga, ada profil kebijakan, visi, misi, boleh ditambahi sendiri-sendiri selain yang difasilitasi KPU," ucap Hamdan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved