Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

Masyarakat Umum dan ASN di Kulon Progo Terjaring Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

Puluhan orang terjaring operasi yustisi penegakan protokol kesehatan di depan halaman pemerintah kabupaten (pemkab) Kulon Progo.

istimewa
Pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan mendapatkan sanksi kerja sosial setelah terjaring pada Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan di Halaman Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Kamis (17/9/2020) pagi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Puluhan orang terjaring operasi yustisi penegakan protokol kesehatan di depan halaman pemerintah kabupaten (pemkab) Kulon Progo.

Pada operasi tersebut melibatkan Satpol PP, Polres Kulon Progo, Kodim 0731 dan jajaran instansi terkait.

Dari operasi itu kedapatan 3 orang dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 34 orang dari masyarakat umum yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak memakai masker.

Adapun ASN yang terjaring tersebut saat mereka hendak berangkat ke kantor.

Sedangkan masyarakat umum yang terjaring saat mereka pergi maupun pulang dari pasar.

Penegakan Protokol Kesehatan Masif Dilakukan di Kulon Progo

Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan para pelanggar yang tidak mematuhi protokol kesehatan kemudian diberi sanksi kerja sosial.

Mereka didata identitas sesuai dengan KTP kemudian diminta untuk membersihkan lingkungan di area pemkab Kulon Progo misalnya menyapu, mengepel dan menyiram tanaman.

Selain itu, mereka juga diminta untuk mengenakan rompi berwarna oranye dan memakai kalung bertuliskan Pelanggar Protokol Kesehatan.

"Oleh karena itu, kami berharap kepada masyarakat umum bahkan ASN benar-benar melaksanakan protokol kesehatan. Tumbuh kesadaran disiplin, jangan hanya memakai masker hanya karena takut terkena razia tetapi untuk menjaga kesehatannya sendiri dan kesehatan orang lain," ucapnya Kamis (17/9/2020) pagi.

Sutedjo menilai dengan adanya operasi yustisi penegakan protokol kesehatan ini penting untuk dijalankan agar masyarakat lebih meningkatkan kesadaran terhadap penerapan protokol kesehatan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved