Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

Pemkot Yogya Jadikan Rusunawa Bener Shelter OTG Covid-19

Rusunawa itu akan menjadi tempat isolasi bagi pasien OTG klaster maupun pasien lain yang tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi di rumah mereka.

TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Pekerja beraktivitas di Rusunawa Bener Tegalrejo, Rabu (16/9/2020). Pemkot Yogyakarta berencana untuk menggunakan kawasan itu sebagai shelter bagi pasien OTG Covid-19. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemkot Yogyakarta berencana menjadikan rumah susun sewa (Rusunawa) Bener, Tegalrejo sebagai tempat penampungan (shelter) bagi pasien orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

Nantinya, Rusunawa itu akan menjadi tempat isolasi bagi pasien OTG klaster maupun pasien lain yang tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi di rumah mereka. 

"Saat ini kami tengah mempersiapkan dan mengupayakan beberapa fasilitas kesehatan yang diperlukan untuk kebutuhan pasien OTG. Mudah-mudahan pekan depan sudah bisa operasional," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkot Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Rabu (16/9/2020). 

Heroe menyatakan, sejumlah fasilitas lain seperti tempat tidur, dapur, maupun kebutuhan listrik telah tersedia di tempat itu.

Terdapat 42 rusun dengan masing-masing terdiri dari dua kamar yang bisa digunakan oleh pasien keluarga maupun mandiri. 

Dewan Minta Pemkot Yogya Perluas Penyelenggaraan Tes Cepat Covid-19

"Kapasitas ruangan ada 42. Kami sudah koordinasikan juga dengan jajaran gugus tugas terkait dengan penyelesaian dan operasionalnya," kata Heroe. 

Di sisi lain, pihaknya juga menambah sejumlah ruangan bagi pasien OTG dengan gejala ringan maupun risiko lainnya di rumah sakit Pratama Yogyakarta.

"Itu di RS Pratama ada delapan kamar bagi pasien OTG yang butuh penanganan langsung, kalau yang di Rusunawa untuk pasien yang belum perlu perhatian tertentu secara khusus di kesehatan," imbuhnya. 

Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Ali Fahmi menyebut pihaknya mendukung langkah upaya Pemkot dalam mengupayakan shelter bagi pasien OTG Covid-19.

Untuk itu, sejumlah persiapan dan fasilitas penunjang mesti segera diselesaikan. 

"Dengan adanya shelter di Rusunawa untuk pasien OTG akan lebih menjamin kesehatan pasien dan mengurangi risiko terjadinya penularan," kata dia. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved