Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

Sultan HB X Minta Mahasiswa yang Masuk DIY Didata

Sultan menyebut mahasiswa yang berpotensi masuk DIY sama halnya dengan wisatawan yang bisa datang dari daerah mana saja.

TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menanggapi perkuliahan tatap muka yang mulai dibuka oleh sebuah kampus swasta di Bantul.

Ia mengatakan bahwa pihaknya tidak melarang namun tetap meminta pihak kampus maupun mahasiswa yang datang bisa menjaga diri dengan baik.

"Silakan saja (buka). Tapi kita minta data-data mahasiswa yang datang masuk Jogja Pass. Jadi kalau ada yang positif kita bisa melakukan tracing, yang penting itu," ucapnya, di Kepatihan, Senin (14/9/2020).

Raja Keraton Yogyakarta tersebut menambahkan, bahwa mahasiswa yang berpotensi masuk DIY sama halnya dengan wisatawan yang bisa datang dari daerah mana saja.

BREAKING NEWS : Satu Mahasiswa Positif Covid-19, UIN Sunan Kalijaga Lockdown Satu Fakultas

Maka dari itu, ia menekankan adanya pendataan secara teliti.

"Karena itu seperti pariwisata, yang datang tidak hanya orang Yogya, bisa Jakarta, Surabaya, manapun. Kalau kena Covid-19 dan data kita tidak punya, gimana kita akan tracing," ungkapnya.

Terpisah, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa saat ini di mana kasus positif Covid-19 di DIY sedang tinggi-tingginya, tantangan yang secara nyata dihadapi DIY yakni sektor pariwisata.

"Pariwisata satu sisi meningkatkan ekonomi tapi kemudian yang dateng dari daerah merah juga persoalan. Pendapatan ekonomi kita bandingkan risiko yang ada perlu jadi bahan pertimbangan. Saya kira kita alamiah saja, protokol kesehatan diterapkan. Datang ke Yogya harus pakai rapid dan swab supaya lebih baik," ucapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved