Breaking News:

Jawa

Pemkab Usulkan Bantuan untuk 9.139 UKM di Kabupaten Magelang

Sebanyak 9.139 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Magelang diusulkan untuk bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koperas

internet
logo Pemkab Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak 9.139 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Magelang diusulkan untuk bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Basirul Hakim, mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Kementerian Koperasi dan UKM tentang bantuan untuk UKM di Kabupaten Magelang.

"Setelah surat dari kementerian, kami mencoba mengkomunikasikan kepada camat dan kades. Kita melakukan pelayanan kepada pelaku UKM yang langsung hadir di dinas perdagangan dengan protokol kesehatan," kata Basirul, Minggu (13/9/2020).

Winarno Ingin Bangkitkan lagi Kejayaan Warisan Budaya Asli Indonesia melalui Tegel Klasik Buatannya

Lanjut Basirul, pihaknya langsung melakukan pendataan.

Hingga tanggal 8 September 2020 lalu, pihaknya sudah menginput data dan mendaftarkan sejumlah 9.139 UKM di Kabupaten Magelang.

"Sampai dengan tanggal 8 kemarin, yang sudah kita input dan daftarkan sejumlah 9.139 UKM. Jumlahnya hanya UKM, dalam proses pendataan untuk UMKM.  Sementara untuk UKM di bawah kewenangan dinas perdagangan, kalau kecil menengah kewenangan provinsi dan pusat. Kita konsentrasi kepada pendataan mikro," tutur Basirul. 

Pendataan berjalan secara kolektif sampai Jumat (13/9/2020) lalu.

Bagi UKM yang memenuhi syarat sesuai kriteria akan diusulkan mendapat bantuan, dengan persyaratan dan kelengkapan surat.

"Masih berjalan secara kolektif sampai hari jumat. Disdagkop bagi mereka ukm yang memenuhi syarat sesuai kriteria, surat dari desa, yang sudah memenuhi syarat kita daftarkan ke pusat," katanya.

50.488 Pelaku UMKM di Klaten Ajukan Bansos Rp2,4 Juta ke Pemerintah

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved