Breaking News:

Jawa

Bapaslon dari Kota Magelang Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Fisik sampai Psikologis Calon Diperiksa

Kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020, Aji Setyawan-Windarti Agustina dan Muchammad Nur Aziz-KH M Ma

Dok KPU Kota Magelang
Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto beserta anggota memberikan pengarahan kepada bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang sebelum berangkat menjalani tes pemeriksaan kesehatan di Solo, Senin (7/9/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020, Aji Setyawan-Windarti Agustina dan Muchammad Nur Aziz-KH M Mansyur, menjalani tes pemeriksaan kesehatan, Selasa (8/9/2020) ini.

Pemeriksaan dilaksanakan di RSUD Moewardi di Solo selama dua hari ke depan.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Magelang, Bambang Sarwodiono, mengatakan, tes kesehatan kedua bapaslon dari Kota Magelang dilaksanakan hari ini, Selasa (8/9/2020) dan besok, Rabu (9/9/2020). Tempatnya di RSUD Moewardi Solo.

"Hari ini dan besok (tes kesehatan). Selama dua hari. Di RSUD Moewardi Solo," kata Bambang, Selasa (8/9/2020).

Update Covid-19 Kabupaten Magelang 7 September 2020, Nihil Konfirmasi Baru dan 1 Sembuh

Hari pertama tes pada Selasa (8/9/2020) mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB nanti. Hari kedua tes, Rabu (9/9/2020), mulai pukul 07.00-19.00 WIB.

"Para bakal pasangan calon sudah (tes kesehatan), tadi pagi jam 07.00 sampai rumah sakit. Untuk hari ini tesnya akan sampai pukul 17.00 WIB. Kemudian besok tanggal 9 September 2020, dari pukul 07.00-19.00. Dua hari. Mereka Menginap di Solo," tutur Bambang.

Pemeriksaan kesehatan meliputi keseluruhan. Masing-masing bakal calon akan diperiksa kesehatan fisiknya, baik seperti kesehatan jantung, paru-paru dan lain-lain. Pemeriksaan itu oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kemudian, tes psikologi. Para bakal calon akan menjalani tes psikologi oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Terakhir adalah tes bebas narkotika dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Tes kesehatan meliputi dari kesehatan secara keseluruhan. Kemudian juga diperiksa untuk dari psikotes. HIMPSI, juga memeriksa. BNN juga diperiksa untuk masalah penggunaan narkoba. Dari IDI, kesehatan keseluruhan, misal dari jantung, paru-paru. Himpsi kejiwaannya, kesiapan mereka. BNN terkait penyalahgunaan narkotika," kata Bambang.

Masih Berisiko, Wali Kota Magelang Belum Akan Buka Pembelajaran Tatap Muka

Sejauh ini, tes kesehatan berjalan dengan lancar. Para bakal pasangan calon mengikuti tes tersebut dengan baik. Selama tes, para bapaslon didampingi satu pendamping dan satu perawat.

"Lancar. Tadi yang boleh memasuki di ruangan di rumah sakit adalah paslon, satu pendamping, dan satu perawat. Pihak KPU mengantar sampai di luar," tutur Bambang.

Tes kesehatan ini mutlak untuk memastikan masing-masing bakal calon sehat secara fisik dan mental, juga bersih dari penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

"Mutlak, karena mengenai dari masing-masing paslon, kemudian kesiapan fisik dan mental, juga bersih dari penggunaan narkotika," pungkas Bambang.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved