Breaking News:

Kesehatan

Cegah Senasib dengan Raja Wakanda, Kurangi Makanan Penyebab Kanker Usus Ini

Belum lama ini, aktor pemeran Black Panther, Chadwick Boseman meninggal akibat kanker usus. Raja Wakanda itu menderita kanker usus sejak tahun 2016.

net
Ilustrasi Daging Merah 

TRIBUNJOGJA.COM - Belum lama ini, aktor pemeran Black Panther, Chadwick Boseman meninggal akibat kanker usus. Raja Wakanda itu menderita kanker usus sejak tahun 2016.

Minuman dan makanan tertentu berperan dalam meningkatkan risiko seseorang terkena kanker usus besar. Agar tidak bernasib seperti Raja Wakanda, kurangi konsumsi minuman dan makanan penyebab kanker usus.

Dikutip dari Kontan, Sabtu (05/09/2020) melansir dari Harvard Health Publishing, beberapa jenis minuman dan makanan bisa menyebabkan kanker usus besar karena memicu peradangan di dalam tubuh. Simpulan tersebut diperoleh berdasarakan penelitian yang dipublikasikan di JAMA Oncology (2018). Peneliti mengamati pola makan lebih dari 121.000 orang selama 26 tahun.

Studi menunjukkan, orang yang kerap mengonsumsi makanan pemicu peradangan, risikonya terkena kanker usus besar 44% lebih besar dibandingkan orang yang diet minim peradangan. Lebih lanjut ahli juga membuktikan, risiko terkena kanker usus besar tetap tinggi, meskipun faktor penyebab kanker lain seperti berat badan dan aktif bergerak sudah terkontrol.

Berikut beberapa jenis makanan penyebab kanker usus besar yang perlu diwaspadai:

1. Daging merah

Konsumsi daging merah termasuk jeroan dari binatang berkaki empat seperti daging sapi, kambing, babi, dll. perlu dibatasi. Melansir On Health, daging merah memang termasuk asupan protein yang diperlukan tubuh.

2. Daging olahan

Selain daging merah, makanan penyebab kanker usus besar lain yakni daging olahan seperti sosis, kornet, ham, burger, bacon, dan pepperoni. Daging olahan adalah protein hewani yang diproses lewat pengasapan, pengasinan, pengawetan, dan ditambahi bawah kimia tambahan agar lebih awet.

3. Alkohol

Alkohol memang tidak termasuk jenis makanan penyebab kanker usus besar, tapi minuman yang bisa meningkatkan risiko kanker. Minum alkohol sebanyak dua sampai tiga gelas per hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus besar sampai 20%.

4. Biji-bijian olahan

Biji-bijian olahan juga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Beberapa contoh produk dari biji-bijian olahan di antaranya roti putih, sereal, pasta, mi, makanan dari tepung terigu, nasi putih, dll.

5. Gula

Konsumsi gula secara berlebihan dari makanan dan minuman dapat menyebabkan peradangan kronis. Peradangan dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker usus besar.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved