Breaking News:

Tips Memilih Jurusan di Bangku Kuliah Agar Tak Bingung

Jika kamu masih bingung mau ambil jurusan apa, maka berikut ini ada tips memilih jurusan kuliah yang tepat buat kamu.

Editor: Rina Eviana
KOMPAS.com/ALBERTUS ADIT
Mahasiswa Fisip UPN Veteran Yogyakarta saat belajar di kampus. 

TRIBUNJOGJA.COM -Bagi Kamu yang tak lolos SBMPTN 2020 tak usah berkecil hati. Kamu masih bisa ikut Seleksi Mandiri di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun kampus swasta.

Namun seringkali, sebagian lulusan SMA sederajat masih bingung menentukan jurusan kuliah.

Ya, memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan. Sebab, jurusan kuliah itu harus sesuai dengan minat dan bakatmu.

6 Tips Menghadapi Tes UTBK SBMPTN 2020, Pelajari Cara Penyelesaian Soal TPS
6 Tips Menghadapi Tes UTBK SBMPTN 2020, Pelajari Cara Penyelesaian Soal TPS (Cluey Learning)

Tak hanya itu saja, ketika lulus kuliah kamu juga harus memikirkan mau bekerja apa. Jadi, saat ini kamu jangan hanya ikut-ikutan teman saja untuk kuliah di kampus atau jurusan tertentu.

Tetapi, pilihan semua ada padamu. Jika kamu masih bingung mau ambil jurusan apa, maka berikut ini ada tips memilih jurusan kuliah yang tepat buat kamu. Adapun informasi dilansir dari laman Universitas Pasundan (Unpas).

1. Kenali hasratmu

Untuk modal utama ialah passion atau hasrat. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang Sains, tapi ternyata minat dan keinginan berada di jurusan lain. Misalnya kamu memang menyukai sastra. Karenanya, kamu bisa mengambil jurusan yang agak berseberangan dengan kemampuan.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah passion yang dimiliki harus benar-benar kuat, bahkan menjadi salah satu hobi. Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan. Artinya, kamu akan enjoy kuliah di jurusan tersebut.

2. Pahami potensi diri

Sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu dan berjuang untuk masuk ke sana, lebih baik kamu kenali dulu potensi diri yang ada di dalam dirimu. Contohnya kamu punya potensi di bidang Sains dan Matematika, tentu jurusan yang ada hubungannya dengan hal ini lebih didahulukan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved