Breaking News:

Update Corona di Klaten

Wisata Air di Klaten Belum Diizinkan Beroperasional

Pemkab Klaten masih merumuskan kajian dan penelitian terkait izin dari penyelenggaraan wisata air.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Wisata Air di Klaten Belum Diizinkan Beroperasional 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dinas Budaya Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Klaten menegaskan hingga saat ini kegiatan wisata air di daerah itu belum diizinkan sama sekali.

Hal itu, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten masih merumuskan kajian dan penelitian terkait izin dari penyelenggaraan wisata air tersebut.

"Untuk wisata air masih menunggu kajian dari tim Dinas Kesehatan dan instruksi Gubernur Jawa Tengah," ujar Plt Kepala Disbudparpora Klaten, Sri Nugroho pada Tribunjogja.com, Kamis (13/8/2020).

Meski belum mengizinkan kegiatan wisata air di daerah itu, lanjut Sri Nugroho, namun untuk penyelenggaraan pentas seni budaya dan pembukaan situs cagar budaya tertentu sudah diperbolehkan sejak Selasa 11 Agustus 2020 lalu.

Bantu Ekonomi Warga Sekitar, Puskesmas Gantiwarno Klaten Buka Stand Jamu

Surat Edaran (SE) terkait, izin penyelenggaraan pentas seni budaya dan pembukaan situs cagar budaya tertentu di daerah itu juga telah dikeluarkan.

Satu di antara pertimbangan yang membuat Pemkab Klaten mengizinkan penyelenggaraan pentas seni budaya dan pembukaan situs cagar budaya tertentu yakni karena sektor ini memiliki dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat.

Selain itu, juga memperhatikan penanganan Covid-19 di daerah itu yang cukup terkendali dan memungkinkan untuk diperbolehkannya kegiatan di sektor seni budaya meski dilaksanakan secara terbatas.

Meski telah mengeluarkan izin untuk penyelenggaraan pentas seni budaya dan pembukaan situs cagar budaya, namun Sri Nugroho, menegaskan jika penyelenggaraan kegiatan di sektor itu akan terus dipantau dan dievaluasi secara berkala.

"Apabila hasil evaluasi ditemukan pelanggaran, maka akan diberikan teguran, sanksi hingga pencabutan izin penyelenggaraan bagi pelaku usaha," imbuhnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved