Breaking News:

Bisnis

APPMI DIY Gencarkan Fashion Virtual sebagai Wadah Penjualan Daring

Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) DIY terus menggiatkan kegiatan fashion virtual untuk para anggotanya.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) DIY terus menggiatkan kegiatan fashion virtual untuk para anggotanya.

Ketua APPMI DIY, Sugeng Waskito mengatakan, adanya fashion virtual tak hanya sebagai ajang para desainer kreatif untuk menunjukan hasil rancangannya namun sebagai wadah penjualan secara daring.

Di mana para desainer nantinya bisa langsung menawarkan produknya kepada para pelanggan melalui digital dengan mengirimkan foto atau video pada pelaksanaan fashion virtual.

"Selama pandemi penjualan para anggota (APPMI DIY) turut terimbas, apalagi kegiatan fashion show konvensional sudah tidak dilakukan. Sehingga, muncullah ide untuk lakukan fashion virtual, ternyata dengan adanya kegiatan tersebut malah mendongkrak penjualan kami (APPMI DIY)," jelasnya kepada TRIBUNJOGJA.COM, pada Minggu (02/08/2020).

Bupati Bantul dan Wakilnya Kompak Ikuti Fashion Show dalam Ajang Bantul Juoss 2020

Adanya fashion virtual, lanjut Sugeng Waskito, ternyata memberikan dampak pemulihan khususnya terkait ekonomi bagi para anggota APPMI DIY sekitar 70 persen bila dibandingkan sebelum adanya kegiatan tersebut pada masa pandemi ini.

Rencananya, setelah menggelar fashion show virtual pertama di Yogyakarta pada Sabtu (20/06/2020) di Hotel Phoenix, kota Yogyakarta.

Pada akhir Agustus ini, APPMI DIY akan menggelar kembali fashion virtual bekerja sama dengan balai besar pengembang latihan kerja (BBPLK) Semarang untuk memperluas jaringan digital yang tujuannya untuk memberdayakan para pelaku industri kreatif tersebut.

"Ini terus akan digiatkan supaya fashion virtual tak hanya bisa dinikmati di wilayah Yogyakarta. Namun, bisa menjadi inspirasi bagi para pelaku khususnya desainer di daerah Indonesia yang lain," ujarnya.

BREAKING NEWS : UPDATE CORONA DI Yogyakarta : Tambahan 19 Kasus Baru

Saat ini, anggota dari APPMI DIY ada 12 anggota tetap ditambah dengan mitra UMKM yang berfokus pada bidang desainer sebanyak 6 unit.

Di mana nantinya, dalam melakukan fashion show virtual. Para penggiat industri kreatif ini dibebaskan untuk mengeksplor kemampuannya dalam bidang desainer.

"Untuk fashion virtual, rancangan tetap menjadi hak penuh para desainer dalam mengeksplor kemampuannya. Karena, nantinya yang memilih langsung adalah para pelanggan bukan dari pihak kami," ujarnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved