Breaking News:

Hasto Wardoyo Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari UNY

Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo menerima gelar Doktor Kehormatan 'Honoris Causa' bidang Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasional dari UNY

Tribunjogja/Noristera Pawestri
Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menerima anugerah gelar Doktor Kehormatan 'Honoris Causa' bidang Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasional dari UNY pada Sabtu (1/8/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menerima gelar Doktor Kehormatan 'Honoris Causa' bidang Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasional dari UNY pada Sabtu (1/8/2020).

Pada kesempatan ini, Hasto membacakan orasi ilmiahnya yang berjudul 'Peran Pendidikan Vokasional Untuk Mewujudkan Kemandirian di Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Kulon Progo'.

Pendidikan vokasi menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal setara dengan program sarjana.

Pengertian ini mengandung makna bahwa pendidikan vokasi dilaksanakan secara formal dalam sistem persekolahan pada jenjang pendidikan tinggi.

Hasto memunculkan semangat membangun daerah dan kemandirian ekonomi untuk kesejahteraan rakyat melalui kebijakan-kebijakan pemerintah Kabupaten.

Dari sini, maka dilahirkan gerakan “Bela dan Beli Kulon Progo” dengan dua makna yaitu pertama gerakan ideologis untuk membela bangsa sendiri dengan membela produknya

Makna yang kedua yakni membeli produk sendiri yang secara ekonomi, rakyat akan membangun sistem kendali dan meningkatkan peredaran uang di lokal.

"Bela kita harus mempunyai ideologi yang kuat untuk membela bangsa ini harus digelorakan. Beli itu punya makna kuat bahwa kita harus bisa mengkonsumsi produk sendiri dalam arti berdikari dalam bidang ekonomi," kata dia.

Gerakan ini menjadi bagian dari perubahan paradigma dan cara berpikir yang akan merubah pola pikir, pola sikap, pola kerja bagi birokrasi, perangkat desa dan masyarakat.

Besaran Gaji PNS Golongan I, II, III Hingga IV Bea Cukai

Hasto mengungkapkan masa pandemi ini menjadi kesempatan emas untuk menguasai produk sendiri.

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved