Breaking News:

Idul Adha 2020

Tata Cara Sholat Idul Adha 2020 di Rumah Secara Berjamaah dan Sendiri

Shola Idul Adha 2020 akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena saat ini masih masa pandemi corona. Tata Cara Sholat Idul Adha 2020

Editor: Yoseph Hary W
via hikav.org
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Kemenag mengeluarkan surat Nomor 15 Tahun 2020 tentang panduan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dalam mewujudkan masyarakat produktif dan aman COVID-19. 

Ya, Sholat Idul Adha 2020 memang akan sedikit berbeda dibandingkan tahun lalu karena saat ini masih dalam kondisi di tengah wabah Virus Corona.

Berkaitan dengan pelaksanaan Idul Adha di tengah pandemi Virus Corona, berikut panduan dan tata cara Sholat Idul Adha 2020 di rumah baik secara berjamaah maupun sendiri. 

aboutislam.net, Bacaan Doa Pagi Hari yang dibaca Nabi Muhammad S.A.W dan 6 Ibadah yang dilakukan di Pagi Hari
aboutislam.net, Bacaan Doa Pagi Hari yang dibaca Nabi Muhammad S.A.W dan 6 Ibadah yang dilakukan di Pagi Hari (aboutislam.net)

Demi berjalannya perayaan Idul Adha 2020, Kementerian Agama mengeluarkan panduan berkaitan dengan hari raya di tengah pendemi corona.

Surat Nomor 15 Tahun 2020 tentang panduan kegiatan keagamaan di rumah ibadah dimaksudkan Kemenag untuk mewujudkan masyarakat produktif dan aman COVID-19.

Kepala Seksi Kemesjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah, Kanwil Kemenag (DIY), Yosep Muniri mengatakan, dalam pelaksanaan ibadah Idul Adha 2020 yang bertepatan dengan masa pandemi Virus Corona dianjurkan kepada masyarakat untuk beribadah secara mandiri atau di rumah.

"Kami tetap menganjurkan masyarakat agar tetap beribadah dari rumah selama masa pandemi ini. Namun, tidak ada larangan bagi masyarakat yang ingin menggelar salat Iduladha berjemaah asalkan memenuhi syarat protokol kesehatan," jelasnya kepada Tribun Jogja .

Yosep menambahkan, ibadah salat Iduladha hukumnya sunnah muakad.

Pelaksanaannya disunahkan dilakukan berjemaah dan dapat dilaksanakan di rumah baik berjemaah maupun sendiri (munfarid)

Hal ini pun dijelaskan dalam buku Ibnu Qosim Al Ghazi dalam Fathul Qorib terbitan Santri Salaf Press, 2017:

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved