Pelaksanaan KKN Daring ala Mahasiswa UGM di Tengah Pandemi Covid-19

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Rektor UGM No. 96/UN1.P/KPT/HUKOR/2020 tentang Penyelenggaraan KKN-PPM UGM 2020.

www.ugm.ac.id
Gedung Rektorat UGM Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Gadjah Mada ( UGM) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Daring bagi mahasiswanya karena situasi pandemi virus corona.

Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Keputusan Rektor UGM No. 96/UN1.P/KPT/HUKOR/2020 tentang Penyelenggaraan KKN-PPM UGM 2020.

Tidak seperti KKN pada umumnya di mana mahasiswa turun langsung ke lapangan dalam kegiatan KKN, kali ini mahasiswa menjalankan kegiatan KKN-nya secara daring atau online dari lokasi masing-masing.

"Jadi KKN Daring itu mahasiswa melakukan KKN dari tempat dan lokasi masing-masing. Hal ini tentu saja dikarenakan pandemi yang sedang kita hadapi," ujar Kabag Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Tujuan utama dari pelaksanaan KKN Daring di saat pandemi Covid-19 adalah untuk melindungi masyarakat dan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan KKN, baik mahasiswa, dosen pembimbing, koordinator wilayah, dan masyarakat di lokasi KKN.

"Pada prinsipnya, kita menjaga agar mahasiswa maupun masyarakat tetap sehat dan konsen ke pengurangan jumlah penderita Covid-19. Makanya, kali ini tidak ada penerjunan langsung ke lokasi," kata Iva.

Meskipun berbeda dari KKN yang pernah ada, KKN Daring tetap dilakukan secara berkelompok, dalam jangka waktu kurang lebih hampir 2 bulan.

Untuk periode ini, KKN Daring dilaksanakan pada 29 Juni-18 Agustus 2020.

Pelaksanaan KKN di tengah pandemi ini dilaksanakan agar tidak menghambat proses akademik mahasiswa.

KKN yang menjadi mata kuliah wajib di UGM dapat tetap terlaksana meski dengan cara yang berbeda.

Halaman
12
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved