Breaking News:

Wabah Virus Corona

Penyebab Kasus Positif Virus Corona di Denpasar Bali Meningkat

Masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan menghindari kerumunan, serta lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, DENPASAR -Sejak kasus Virus Corona jenis baru penyebab COVID-19 muncul di Indonesia, wilayah Bali yang notabene menjadi objek wisatan asing ke Indonesia sebelumnya diprediksi menjadi episentrum Virus Corona di Tanah Air.

Namun kenyataannya mengejutkan. Angka kasus COVID-19 di Pulau Dewata justru rendah.

Namun sejak Virus Corona pertama muncul awal Maret 2020 lalu hingga hari ini, Kamis (18/6/2020) jumlah kasus Virus Corona terkonfirmasi di  Bali 895 dengan jumlah kasus yang meninggal 6 dan sembuh 553 orang.

Namun Kasus positif COVID-19 di Kota Denpasar meningkat signifikan, pada Kamis (18/6/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan, hari ini tercatat 36 kasus baru pasien terkonfirmasi COVID-19.

Ilustrasi: Petugas media mengambil sampel darah saat pelaksaan rapid test untuk pedagang pasar di Balai Desa Condongcatur, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (9/6/2020). Pemkab Sleman melajukan uji tes covid-19 berupa rapid tes dan tes swab untuk pedagang di sejumlah pasar.
Ilustrasi: Petugas media mengambil sampel darah saat pelaksaan rapid test untuk pedagang pasar di Balai Desa Condongcatur, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (9/6/2020). Pemkab Sleman melajukan uji tes covid-19 berupa rapid tes dan tes swab untuk pedagang di sejumlah pasar. (TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri)

Jumlah tersebut seluruhnya transmisi lokal dan sebagian besar merupakan hasil tracing dari klaster Pasar Kumbasari.

“Hari ini, sebanyak 36 orang dinyatakan positif COVID-19 di Kota Denpasar akibat transmisi lokal," kata Dewa Rai, dalam keterangan tertulis, Kamis (18/6/2020) malam.  

Melihat perkembangan kasus, Dewa Rai mengingatkan agar semua pihak ikut berpartisipasi untuk mencegah penularan COVID-19 agar tidak semakin meluas.

Ia meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan menghindari kerumunan, serta lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

UPDATE Terkini Virus Corona di Indonesia 17 Juni 2020: Bertambah 1.031, Total Positif Jadi 41.431

Persyaratan dan Dokumen yang Harus Dipenuhi Bagi Warga yang Akan ke Bali

Ia mengatakan, tingginya angka COVID-19 ini karena pihaknya sedang fokus untuk menemukan kasus melalui tes massal.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved