Breaking News:

Kembali Beroperasi Mulai Besok, Ini Jadwal Lengkap Perjalanan Kereta Api di Jawa

Kembali beroperasi mulai besok, ini jadwal lengkap perjalanan kereta api di Jawa

TRIBUNJOGJA.COM / Rento Ari Nugroho
KA Prambanan Ekspres ketika melintas di kawasan Klaten. PT. Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan pembatasan penumpang pada kereta api lokal Prambanan Ekspres (Prameks) menjadi berkapasitas 50% guna mencegah penyebaran virus Corona 

 TRBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Mulai Jumat (12/6/2020) besok, PT KAI akan kembali melayani penumpang jarak jauh dan kereta lokal reguler.

Pengoperasian kereta jarak jauh dan lokal reguler ini akan dilaksanakan secara bertahap pascadihentikan akibat Pandemi virus Corona yang terjadi di Indonesia.

Dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com, pengoperasian kembali kereta jarak jauh dan lokal reguler ini merupakan bentuk komitmen PT KAI dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

"Kami mengoperasikan kembali perjalanan KA reguler sebagai komitmen KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota menggunakan kereta api," kata Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo seperti dalam rilis yang diterima pada Rabu (10/6/2020).

Saat pengoperasian kembali kereta jarak jauh dan lokal reguler besok, PT KAI menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Adapun pengoperasian kembali KA Reguler ini sudah sesuai pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Selain itu, kata Didiek, pengoperasian KA Reguler mengacu pada SE Ditjenka Kemenhub Nomor 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Terdapat 14 KAJJ dan 23 KA Lokal yang dijalankan kembali mulai 12 Juni untuk seluruh masyarakat.

Sementara itu, Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi menambahkan, kereta api yang dioperasikan kembali pada tahap awal ini di antaranya kereta dari dan menuju stasiun Kiaracondong, Cirebon, Semarang Poncol, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapan dan berbagai stasiun lainnya.

Khusus untuk KA Lokal yang akan dijalankan merupakan penambahan frekuensi perjalanan pada KA yang saat ini sudah beroperasi.

Lusa, KAI Buka Kembali Layanan Kereta Reguler

Kereta Api Reguler Jarak Jauh Bakal Kembali Beroperasi Normal Mulai 12 Juni 2020, Ini Penjelasannya

Halaman
1234
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved