Breaking News:

Begini Dukungan JNE terhadap UKM dalam Menghadapi The New Normal

Pasalnya, pandemi Covid-19 mempengaruhi banyak hal termasuk perubahan perilaku konsumen dari offline ke online.

DOK. JNE
Webinar with JNE dengan narasumber Founder dan CEO Dusdusan.com Christian Kustedi, Minggu (31/5/2020). 

TRIBUN-JOGJA.com - Ketika Covid-19 menjadi pandemi, pemerintah mengimbau masyarakat untuk berkegiatan di rumah saja.

Hal tersebut pun mempengaruhi banyak hal, termasuk perubahan perilaku konsumen dari offline ke online.

Merespons hal tersebut, JNE berusaha mendukung bisnis UKM. Salah satunya dengan menggelar Inspira Webinar with JNE pada Minggu (31/5/2020), dengan narasumber Founder dan CEO Dusdusan.com Christian Kustedi.

Webinar tersebut membahas berbagai topik dalam bidang usaha, agar audience dan masyarakat luas mendapat informasi, inspirasi, bahkan solusi dalam menghadapi pandemi.

Christian mengatakan, terdapat tiga poin esensial dalam strategi digital, yaitu konten, database, dan ads. Pada poin pertama, para UKM harus mampu membuat konten yang menarik dan sesuai dengan target market.

Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan hal-hal populer untuk meningkatkan engagement audience.

Kemudian yang kedua, UKM harus mengumpulkan dan menganalisa database. Hal tersebut untuk memaksimalkan promo kepada audience yang tepat.

Selanjutnya, UKM harus melakukan ads atau iklan untuk promosi dan memperluas capaian konten kepada user baru di luar database, namun masih sesuai target market.

“Melakukan soft selling produk baru dengan merilis teaser produk, lalu membuat trailer berisi product knowledge, harga, tanggal launching, dan membuat timeline seperti pre-order dan sebagainya,” kata Christian, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Christian menambahkan, di masa seperti ini penting bagi para pelaku UKM untuk berkolaborasi agar dapat bergerak lebih cepat dan efektif. Namun perlu diingat, dalam berkolaborasi dibutuhkan partner yang tepat dan memiliki kesamaan visi misi.

“Saya optimis dengan keadaan new normal ini. Yang harus dipersiapkan adalah speed yang jauh lebih cepat,” kata Christian.

Christian menekankan, pada dasarnya semua taktik dan strategi digital marketing memiliki tujuan yang sama, yaitu mempromosikan sebuah produk dan jasa untuk meningkatkan brand awareness dan jumlah pembelian.

Tak berhenti di situ, JNE melalui layanan JTR juga mendukung UKM dengan memberi diskon ongkos kirim sebesar 50 persen untuk pengiriman masker, Alat Pelindung Diri (APD), dan donasi sembako.

Kemudian agar bisnis UKM terus meningkat, JNE juga meluncurkan COD Retail, yaitu produk layanan untuk mempermudah aktivitas jual beli online di luar online marketplace.

Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat dalam membeli barang kebutuhan, serta mendorong bisnis UKM terus berkembang di tengah pandemi Covid-19.

Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved