Update Corona di Yogyakarta

Mengapa DIY Nol Kasus Baru Positif COVID-19 Selama 2 Hari Beruntun? Berikut Penjelasannya

DIY nol kasus baru positif Virus Corona selama dua hari beruntun. Berikut penjelasan Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY

Ist/dok
Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Biwara Yuswantana 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perkembangan kasus positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunjukkan tren menurun beberapa hari terakhir.

Pada 22-23 Mei 2020 tercatat masing-masing penambahan kasus positif COVID-19 di DIY berjumlah 5 kasus per harinya.

Selanjutnya pada 24 Mei 2020 tercatat penambahan kasus positif Virus Corona sejumlah 1 kasus dan pada dua hari berturut-turut yakni pada 25-26 Mei 2020 tercatat nol kasus baru positif COVID-19 di DIY.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Biwara Yuswantana mengatakan bahwa memang selama 2 hari DIY mengalami zero growth atau tidak ada penambahan kasus positif COVID-19.

BREAKING NEWS : Dua Hari Beruntun Nol Kasus COVID-19 di DIY, Jumlah Kesembuhan Terus Meningkat

"Selama 2 hari ini, hanya lab BBTKLPP saja yang melakukan uji lab," jelasnya dalam konferensi pers di BPBD DIY, Selasa (26/5/2020).

Lebih lanjut, Biwara menjelaskan bahwa pada 24 Mei 2020 terdapat 109 sampel yang diuji dan diumumkan pada 25 Mei 2020 yakni nol kasus baru positif COVID-19, 2 kasus sembuh, 1 kasus konfirmasi meninggal negatif, 6 kasus negatif dan sisanya digunakan untuk memeriksa sampel OTG.

"Sedangkan untuk tanggal 25 Mei masuk 83 sampel dengan hasil diumumkan pada 26 Mei yakni 0 kasus baru positif Covid-19, 7 kasus sembuh, 2 negatif, dan 2 PDP meninggal " ungkapnya.

Biwara menjelaskan, sampel swab tidak hanya digunakan untuk menguji PDP, namun justru sebagian besar digunakan untuk menguji OTG hasil dari tracing reaktif rapid test.

"Sebagian besar hasilnya adalah negatif, sedangkan apabila hasil positif, maka akan masuk sebagai kategori PDP Positif (kasus positif/terkonfirmasi)," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Yoseph Hary W
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved