Wabah Virus Corona

Wilayah Provinsi dan Kabupaten yang Akan Melaksanakan New Normal

Presiden Joko Widodo menyebut persiapan untuk menuju new normal atau tatanan kehidupan baru saat ini baru diterapkan di empat provinsi, 25 kabupaten

Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo pada Selasa (26/5/2020) pagi berkunjung ke stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA-Indonesia kini masih menghadapi Pandemi Virus Corona penyebab COVID-19. Namun demikian Indonesia akan segera menyambut era kenormalan baru (new normal) untuk menjalankan aktivitas sosial ekonomi.

Meski begitu, di tengah masih munculnya kasus COVID-19 penerapan new normal harus memenuhi sejumlah indikator.

Presiden Joko Widodo pada Selasa (26/5/2020) pagi berkunjung ke stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat.
Presiden Joko Widodo pada Selasa (26/5/2020) pagi berkunjung ke stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo menyebut persiapan untuk menuju new normal atau tatanan kehidupan baru saat ini baru diterapkan di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Namun, kebijakan ini bisa diperluas jika dirasa efektif untuk membuat masyarakat produktif serta tetap aman dari virus corona COVID-19.

"Ini akan kita lihat dalam satu minggu dampaknya seperti apa, kemudian akan kita lebarkan ke provinsi, kabupaten/kota lain apabila dirasa terdapat perbaikan yang signifikan" kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau kesiapan prosedur new normal di Mal Summarecon Bekasi, Selasa (26/5/2020).

Empat provinsi yang mulai melakukan persiapan menuju new normal ini yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo.

Persiapan dilakukan dengan menerjunkan personel TNI/Polri di tempat umum atau keramaian. Personel TNI/Polri tersebut akan memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Virus Corona, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

"Kita ingin tetap produktif tapi aman COVID-19," kata Jokowi.

Peta Sebaran Virus Corona Terbaru di Indonesia, Jakarta Terbanyak, Jawa Timur Kedua dan Jabar Ketiga

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut ada 340.000 personel TNI/Polri yang akan dikerahkan untuk persiapan new normal.

Menurut Hadi, 340.000 personel itu akan dikerahkan di 1800 objek.

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved