Kulon Progo

Sebagian Warga Kulon Progo Pilih Laksanakan Salat Idul Fitri di Rumah

Pada pelaksanaan Salat Idul Fitri berjamaah tersebut, jamaah di Masjid tersebut terpantau sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan

TRIBUNJOGJA.COM / Andreas Desca Budi Gunawan
Satu Keluarga yang Laksanakan Salat Idul Fitri berjamaah di rumah, Minggu (24/5/2020). 

Laporan reporter tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Perayaan Idul Fitri 1431 Hijriah di Kulon Progo ditanggapi dengan beragam respons dari masyarakat.

Terlebih Idul Fitri tahun ini dirayakan tepat dimana Pandemi Covid-19 melanda berbagai penjuru daerah.

Pada pantauan yang dilakukan reporter Tribunjogja.com pada sejumlah lokasi di Kulon Progo, beberapa Masjid terlihat sepi.

Namun tetap ada Masjid yang digunakan sebagai lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri.

Beberapa diantaranya yakni Masjid Sunan Kalijogo Kedondong di Kapanewon Kalibawang, Masjid Kauman Nanggulan dan masih banyak lainnya.

Pada pelaksanaan Salat Idul Fitri berjamaah tersebut, jamaah di Masjid tersebut terpantau sudah menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menghindari kontak langsung.

Suasana Alun-alun Utara Yogyakarta Sepi pada Idulfitri 1441 H

Selain itu menurut salah satu petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya, jemaah yang diizinkan untuk mengikuti Salat di Masjid Kauman Nanggulan hanyalah jemaah lokal atau warga sekitar masjid, begitu pula dengan yang dilakukan oleh jemaah di Masjid Sunan Kalijogo Kedondong.

Sementara itu, walaupun banyak jemaah yang memilih untuk melaksanakan Salat Idul Fitri berjamaah di Masjid, ternyata tidak semua warga turut melaksanakan Salat Idul Fitri berjemaah di Masjid.

Satu keluarga di Desa Banjararum, Kapanewon Kalibawang memilih melaksanakan Shalat Idul Fitri berjamaah hanya dengan anggota Keluarganya saja.

Alih-alih melakukan Salat di Masjid yang jaraknya hanya berkisar 200 meter dari rumah, mereka tetap memilih untuk melaksanakan Salat dirumah untuk menjaga kesehatan keluarga.

"Ini (pelaksanaan Salat) sudah jadi keputusan keluarga. Memang tidak semua ikut, sebagian tidak pulang," ujar Purnomo Ferry, Minggu (24/5/2020).

Bumbu Opor Ayam Spesial Idul Fitri 2020, Sambut Lebaran dengan Resep Anti-Ribet

Sementara itu, di beberapa lokasi lain yakni di Padukuhan Pundak Kapanewon Nanggulan, Padukuhan Ngemplak Kapanewon Kalibawang dan sejumlah lokasi di Kapanewon Samigaluh, warga memilih untuk melaksanakan Salat Idul Fitri dalam kelompok-kelompok kecil.

Mereka terpantau menunaikan Shalat di halaman rumah maupun ruangan di rumah untuk mengurangi Potensi kerumunan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved