Breaking News:

Jawa

Kades di Klaten Boleh Usulkan Penerima Baru Terkait Bantuan Covid-19

Bupati Klaten Sri Mulyani memberikan kesempatan bagi Kepala Desa mengusulkan warganya agar memperoleh bantuan dari Pemerintah Kabupaten Klaten.

Penulis: Victor Mahrizal | Editor: Ari Nugroho
Dok Pemkab Klaten
Bupati Klaten dihadapan perwakilan kepala desa saat mendistribusikan bantuan sosial dari Pemkab Klaten di Aula Balai Desa Tegalyoso, Rabu (13/5/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani memberikan kesempatan bagi Kepala Desa mengusulkan warganya agar memperoleh bantuan dari Pemerintah Kabupaten Klaten.

Tentunya bagi warga yang terdampak Covid-19 dengan kriteria tidak mampu dan belum dicover oleh bantuan dari pihak manapun, dengan catatan tidak tumpang tindih.

Informasi tersebut disampaikan Bupati Klaten dihadapan perwakilan kepala desa saat mendistribusikan bantuan sosial dari Pemkab Klaten di Aula Balai Desa Tegalyoso, Rabu (13/5/2020).

"Apabila ada masyarakat yang terdampak Covid 19 dan memang tidak mampu, tidak mendapat program bantuan dari mana pun seperti BST, BLT, BPNT, PKH atau bantuan dari pemerintah lainya. Kepala desa segera mengusulkan, tetapi dengan catatan data tidak boleh ada KK bantuan yang tumpang tindih maka akan segera diberikan bantuan,” terang Bupati Sri Mulyani.

Empat Pasien Positif Covid-19 di Klaten Dinyatakan Sembuh

Penerima bantuan sosial bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Klaten tersebut akan dibedakan dengan penerima bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, dan dana desa.

Pemerintah Kabupaten Klaten pun secara aktif melakukan pengecekan data dan menjalin koordinasi dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Dinas Sosial, Camat dan Kepala Desa. Sehingga diharapkan dapat mencegah adanya penerima yang memperoleh bantuan ganda.

Pemerintah Kabupaten Klaten sebelumnya telah menganggarkan bantuan sosial setidaknya 33.669 Kepala Keluarga tidak mampu yang ada di Kabupaten Klaten.

Setelah sebelumnya pada (8/5/2020) beberapa Kecamatan seperti Tulung, Klaten Utara, dan Prambanan sudah mulai mendistribusikan bantuan tersebut.

Pada hari ini (13/5/2020), bantuan juga didistribusikan ke Kecamatan Klaten Selatan, Kecamatan Kebonarum, dan Kecamatan Kalikotes.

Pemkab Klaten Lakukan Pengecekan Data untuk Cegah Tumpang Tindih Bantuan

Pada Desa Tegalyoso, Kecamatan Klaten Selatan misalnya, Bantuan Sosial didistribusikan pada 328 kepala keluarga yang memenuhi kriteria.

Camat Klaten Selatan Joko Hendrawan mengungkapkan bahwa distribusi bantuan dari Kementrian Sosial di daerahnya pun sudah mulai dilakukan.

Pihaknya kemudian menjelaskan bantuan sosial yang diberikan Pemkab Klaten

"Hari ini bantuan yang diberikan bagi masyarakat Desa Tegalyoso meliputi kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras, telur, gandum, minyak goreng dan ada juga mie instan. Nantinya untuk desa lainnya yang ada di Kecamatan Klaten selatan juga mengikuti segera tersalurkan," terang Camat Klaten Selatan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved