Breaking News:

Lifestyle

Bisakah Covid-19 Menular lewat Makanan?

Banyak orang yang khawatir tentang makanan, terutama seputar tersedianya stok di pasaran dan juga keamanan dalam mengonsumsi bahan makanan sejak mereb

Editor: Ari Nugroho
IST
Ilustrasi bahan makanan 

TRIBUNJOGJA.COM – Banyak orang yang khawatir tentang makanan, terutama seputar tersedianya stok di pasaran dan juga keamanan dalam mengonsumsi bahan makanan sejak merebaknya wabah Covid-19.

Sejauh ini memang tidak ada laporan ilmiah yang mengatakan bahwa virus corona dapat menyebar melalui makanan.

Hal itu juga ditegaskan oleh Food and Drug Administration (FDA).

“Virus corona yang baru ini tidak termasuk dalam penyakit yang menular lewat makanan dan paparan virus pada makanan tidak menjadi jalan penularan,” demikian pernyataan FDA pada akhir Maret 2020 untuk menegaskan bahwa Covid-19 tidak menyebar lewat makanan.

Hal senada disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meski menyatakan bahwa International Food Safety Authorities Network masih melakukan penelitian, namun dari pengalaman pada wabah SARS dan MERS yang juga merupakan penyakit saluran pernapasan, tidak diketahui ada penularan lewat bahan makanan.

Covid-19 adalah penyakit pernapasan dan jalur penularan utamanya melalui kontak antar-orang, serta kontak langsung melalui pernapasan lewat droplet yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin.

Info Baru, Kasus Covid-19 Pertama di Prancis Terjadi 27 Desember 2019, Lebih Dulu dari Laporan China

Beberapa penelitian juga menyebut bahwa makanan segar, termasuk bunga, dan juga kemasan dari barang-barang yang kita konsumsi, bukanlah “kendaraan” penularan flu, salesma, atau pun penyakit SARS.

Berdasarkan data-data epidemiologi ini, para ahli menyebutkan risiko penularan Covid-19 dari barang konsumsi sangat kecil.

Hati-hati

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved