Breaking News:

Tips Membeli Mobil Double Cabin Murah Bekas Tambang, Ini Komponen yang Perlu Diperhatikan

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membeli kendaraan roda empat dengan harga lebih murah

Setyo Adi/Otomania
Beberapa model kendaraan dcab yang dijual di showroom mobil bekas 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membeli kendaraan roda empat dengan harga lebih murah. Namun bukannya tanpa risiko. Jika Anda kurang cermat, membeli mobil bekas justru bisa membuat Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Sehingga penting bagi Anda untuk memahami seluk beluk mobil bekas, sekaligus kelebihan dan kekurangannya terutama untuk urusan suku cadang yang habis dimakan usia.

Memang banyak pilihan yang bisa diambil. Ada mobil bekas pemakaian pribadi. Ada juga mobil bekas opersional perusahaan yang salah satunya bekas perusahaan tambang.

Alami Penurunan Akibat Wabah Virus Corono, Ini Harga Mobil Bekas Terbaru Xenia, Honda City

Sebagian besar di antaranya adalah mobil double cabin (dcab) bekas tambang yang dibenderol lebih murah.

Membeli dcab bekas tambang memang bisa menghemat puluhan juta rupiah, daripada membeli milik pribadi. Namun, karena berstatus kendaraan bekas area tambang, maka sudah pasti habitat lingkungan serta kebiasaan operasional juga akan berbeda dari pemilik pribadi.

Tips Membeli Mobil Bekas : Cara Mengenali Mobil Bekas Banjir atau Tabrakan

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, karena dcab bekas dari area tambang sudah pasti kerap melewati jalan yang berlumpur dan jelek. Selain itu, kendaraan operasional tentu punya perawatan berbeda yang lebih mementingkan fungsi ketimbang kenyamanan.

Jadi, kata Suparna, ketika membeli dcab bekas tambang, harus cek pada bagian kaki-kaki, termasuk sasis yang rawan berkarat atau keropos.

“Pada bagian kaki-kaki, perhatikan kondisi shock absorber depan dan belakang, karet-karet dan link stabilizer, karet mounting, ball joint, dan tie rod steer,” kata Suparna kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Menghabiskan Banyak Uang untuk Perbaikan

Selain itu, kerusakan yang bisa terjadi pada kaki-kaki yang paling parah yaitu pada Propeller Shaft. Karena sering terkena lumpur, bagian flexible joint bisa macet. Untuk bagian sasis yang bermasalah, ada ciri-cirinya.

“Ada bekas las dan cat baru, ini merupakan tanda dari sasis sudah ditambal bagian yang rusak atau berkarat,” ucap Suparna.

Halaman
12
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved