Kota Yogya

Pemkot Yogyakarta Siapkan Dana Rp 7 Miliar Hadapi Pandemi Covid-19

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta disebut telah menyiapkan dana sekira Rp7 miliar guna menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19.

istimewa
Suasana rapat kerja antara Komisi B DPRD Kota Yogyakarta dengan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Bappeda setempat pada Senin 23 Maret 2020 lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta disebut telah menyiapkan dana sekira Rp7 miliar guna menghadapi wabah virus Corona atau Covid-19.  

Keputusan itu ditetapkan dalam rapat kerja antara Komisi B DPRD Kota Yogyakarta dengan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Bappeda setempat pada Senin Senin 23 Maret 2020 lalu.

Dalam rilis yang diterima Tribunjogja.com, dana itu dikatakan diperoleh dari anggaran dalam APBD dan Non APBD yang diambil dari pos anggaran dana cadangan sebesar Rp2,8 miliar, Dana Bagi Hasil Cukai Rokok sebesar Rp3,750 miliar dan dari BLUD RSUD Wirosaban Rp1,18 miliar. 

"Proses akan diganti dalam APBD Perubahan 2020," kata Antonius Fokki Ardiyanto, anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta.

Kenali Perbedaan Batuk Gejala Virus Corona Covid-19 dengan Batuk TBC

Anggaran itu akan ditempatkan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta.

Namun digunakan oleh Dinas Kesehatan dan RSUD Wirosaban.

Adapun pengunaannya akan diperuntukkan bagi pembelian sejumlah fasilitas alkes dan mendukung kinerja dari Dinas Kesehatan dan RSUD Wirosaban, termasuk di dalamnya RS Pratama.

Namun demikian, lewat penetapan masa tanggap darurat bencana oleh pemerintah yang diberlakukan hingga 29 Mei dana itu diklaim tidak akan mencukupi.

Dewan menyebut, bahwa anggaran itu setelah dikalkulasikan hanya bertahan satu bulan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved