Gunungkidul

Dinkes Gunungkidul Instruksikan Seluruh RS Siapkan Ruang Isolasi Tangani PDP

Dinkes Gunungkidul telah melakukan langkah cepat agar penanganan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bisa berjalan optimal.

geosiar
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul telah melakukan langkah cepat agar penanganan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bisa berjalan optimal.

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty telah menginstruksikan RSUD Wonosari dan seluruh rumah sakit swasta untuk menyiapkan ruang isolasi.

"Memang ruang isolasi di sini belum standar, tapi minimal sudah bisa dan siap menerima PDP," kata Dewi dihubungi pada Minggu (22/03/2020).

Menurut Dewi, ruang isolasi khusus penanganan COVID-19 atau Virus Corona memiliki standar seperti wajib bertekanan negatif. 

BREAKING NEWS : ODP di Gunungkidul Bertambah Jadi 162 Orang, PDP Jadi 4 Orang

Meski sulit, ia mengatakan RS bisa menggunakan alat exhaust fan untuk mengeluarkan udara sehingga ruang isolasi tetap steril.

Selain ruang isolasi, Dinkes Gunungkidul telah mengkoordinasikan seluruh faskes dalam hal prosedur penanganan ODP dan PDP.

Ambulans pun sudah disiagakan sesuai kebutuhan, termasuk disinfeksi tempat-tempat layanan publik sebagai upaya pencegahan.

"Kami minta seluruh Puskesmas bisa melakukan penanganan tersebut karena obat dan alat sudah ada serta mudah dilakukan," jelas Dewi. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved