Kota Yogya

DPUPKP Kota Lanjutkan Penataan Pedestrian dengan Konsep Filosofi Street

Setelah penataan pedestrian Jalan Suroto dan Jalan Sudirman, DPUPKP Kota Yogyakarta melanjutkan penataan hingga Tugu Yogyakarta.

DPUPKP Kota Lanjutkan Penataan Pedestrian dengan Konsep Filosofi Street
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat mencoba bangku di pedestrian Jalan Jenderal Sudirman. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta bakal melanjutkan penataan pedestrian.

Setelah penataan pedestrian Jalan Suroto dilanjutkan dengan penataan pedestrian di Jalan Sudirman, DPUPKP Kota Yogyakarta melanjutkan penataan hingga Tugu Yogyakarta.

Kepala Bidang Binamarga DPUPKP Kota Yogyakarta, Umi Akhsanti mengatakan konsep sisi barat menuju Tugu tidak jauh berbeda dengan sisi timur (jalan Sudirman).

"Konsep tidak jauh berbeda dengan yang timur. Namun mendekati Tugu memang sedikit berbeda, filosofi street. Dari Jalan Sudirman sampai ke Jembatan Gondolayu masih sama, nanti kalau sudah mendekati Tugu sedikit berbeda," katanya kepada wartawan, Rabu (26/02/2020).

Pedestrian Jalan Sudirman Resmi Diluncurkan

Penataan dengan pagu anggaran Rp 26,5 miliar tersebut, rencananya juga bakal dilengkapi dengan tanaman hias, bangku, dan lampu hias seperti di Jalan Suroto dan Sudirman. 

"Sama, nanti juga bakal ada bangku dan lampu-lampu (seperti Jalan Sudirman). Tetapi nanti mulai dekat dengan Tugu tanamannya beda. Kalau di Suroto dan Sudirman kan tanamannya hanya tanaman hias biasa. Tetapi nanti dekat dengan Tugu, tanamannya yang khas Kota Yogyakarta,"lanjutnya.

"Pedestrian yang ditata nanti mengitari Tugu sepanjang 100 meter. Nanti ke utara, selatan, timur, dan barat juga ditata juga. Dengan konsep filosofi street tadi. Akan ada tulisan Yogyakarta dengan menggunakan aksara Jawa," sambungnya.

Rencananya pelelangan akan dilaksanakan pada Maret mendatang.

Untuk pelelangan pihaknya perlu berkoordinasi dengan PLN.

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved