Breaking News:

Tribun Jogja TV

TRIBUN JOGJA TV : MUSEUM TOSAN AJI, Simpan Koleksi Keris Berumur 800 Tahun

Ada setidaknya 1300 lebih koleksi senjata pusaka atau dalam bahasa Jawa disebut tosan aji yang dimiliki oleh museum ini

Tribun Jogja/Bramastyo Adhy
Museum Tosan Aji di Purworejo, Jawa Tengah 

TRIBUNJOGJA.COM - Salah satu senjata tajam peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia adalah keris.

Bentuknya yang khas serta memiliki sejarah panjang sebagai bagian dari perjalanan budaya Indonesia, membuat keris masyur di dunia hingga diakui sebagai warisan Budaya Dunia Non Bendawi Manusia sejak tahun 2005 oleh UNESCO.

Museum Tosan Aji di Purworejo, Jawa Tengah menjadi salah satu tempat penyimpanan keris dan berbagai benda pusaka zaman dulu yang terdokumentasi dengan baik sehingga bisa menjadi media untuk mengenal lebih dekat sejarah dan seluk beluk benda benda bersejarah ini.

Ada setidaknya 1300 lebih koleksi senjata pusaka atau dalam bahasa Jawa disebut tosan aji yang dimiliki oleh museum yang saat ini menempati bangunan zaman Belanda yang dulu difungsikan sebagai kantor pengadilan. Letaknya persis di sebelah selatan alun alun Purworejo.

Di awal pekan kemarin, redaksi Wigo mengunjungi museum ini. Perjalanan dari kota Yogyakarta ke museum ini ditempuh dalam waktu kira kira 1 jam 15 menit. Ke datangan redaksi Wigo disambut oleh Purwanto selaku penanggungjawab sekaligus kurator museum.

Pria yang akrab disapa Ipunk itu kemudian mengajak redaksi Wigo berkeliling museum yang dibuka gratis untuk umum setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB ini. Suasana di area museum ini sejuk karena masih banyak pohon perindang di halaman yang luas.

Memasuki bangunan utama museum ini, kita akan disambut dengan penampakan seperangkat gamelan dan beberapa manekin yang mengenakan pakaian khas zaman dulu dan diletakkan dalam etalase kaca.

Ipunk mulai menjelaskan sejarah seperangkat gamelan dipajang di lobi museum ini. Gamelan tersebut setidaknya sudah berusia ratusan tahun. Galamelan yang diberi nama Kyai Cokronegoro ini merupakan hadiah yang diberikan oleh Paku Buwono VI pada Bupati pertama Purworejo, Tjokro Nagoro kala itu.

"Sejak didirikan pada 13 April 1987 oleh Gubernur Jawa Tengah Ismail, museum ini telah menerima ratusan hibah tosan aji dari berbagai daerah di tanah air. Koleksi terbanyak di museum ini adalah keris. Selain itu masih ada tombak, cundrik hingga pedang," terang Ipunk. (*)

Penulis: Yudha Kristiawan
Editor: Ikrob Didik Irawan
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved