Breaking News:

Wabah Virus Corona

Pasien Terjangkit Virus Corona Disebut Bisa Sembuh Tanpa Obat Khusus Jika . . .

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta, Anas Maruf mengatakan, infeksi akibat virus corona bisa disembuhkan tanpa pengobatan k

Editor: Rina Eviana
KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf saat ditemui di KKP Bandara Soekarno-Hatta Senin (27/1/2020). 

Pasien Terjangkit Virus Corona Disebut Bisa Sembuh Tanpa Obat Khusus Jika . . .

TRIBUNJOGJA.COM - Virus corona (2019-nCoV) yang tengah mewabah belum pernah terdeteksi oleh manusia.

World Health Organization (WHO) pun menyatakan virus ini sebagai pneumonia of unknown etiology di Wuhan, China.

Hingga hari ini dilaporkan korban tewas akibat virus corona di China mencapai 80 orang. Sementara penyebaran virus sudah sampai ke 12 negara.

Para staf di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020), menggunakan pelindung khusus, untuk menghindari serangan virus corona yang mematikan.
Para staf di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020), menggunakan pelindung khusus, untuk menghindari serangan virus corona yang mematikan. (AFP/HECTOR RETAMAL)

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta, Anas Maruf mengatakan, infeksi akibat virus corona bisa disembuhkan tanpa pengobatan khusus.

Dia mengatakan infeksi corona bisa saja sembuh jika seseorang yang terinfeksi memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

"Jenis ini jenis penyakit yang bisa sembuh sendiri, kalau daya taha tubuh kita kuat maka kita bisa menangani virus itu bahkan tanpa obat," kata dia saat ditemui Kompas.com di Gedung KKP Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020).

Untuk itu, Anas meminta masyarakat tidak panik terhadap wabah penyakit yang belakangan ini muncul dari China itu.

Anas mengatakan, masyarakat hanya perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh untuk mengantisipasi penyakit yang ditimbulkan akibat infeksi corona.

"Kita berikan edukasi ke masyarakat untuk pakai masker, agar petugas juga diberikan edukasi (ke masyarakat) diharapkan cuci tangan pakai sabun, dan juga jaga kebersihan jaga juga daya tahan tubuh," kata dia.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf saat ditemui di KKP Bandara Soekarno-Hatta Senin (27/1/2020).
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf saat ditemui di KKP Bandara Soekarno-Hatta Senin (27/1/2020). (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)
Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved