Wabah Virus Corona

Virus Corona Menyebabkan Penyakit Apa? Begini Penjelasan dan Asal Usulnya

Virus corona pada manusia dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah, seperti pneumonia atau bronkitis

Virus Corona Menyebabkan Penyakit Apa? Begini Penjelasan dan Asal Usulnya
bbc.co.uk
virus corona 

Wabah virus corona ( coronavirus) tengah menjadi perhatian dunia. Bermula di kota Wuhan, China, virus jenis baru tersebut dikabarkan sudah terdeteksi hingga Amerika Serikat.Virus ini diketahui mewabah di Wuhan sejak Desember 2019, kemudian pada awal Januari 2020, Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengidentifikasi virus asal China tersebut sebagai novel coronavirus (2019-nCoV).

Coronavirus: Penyebab, Gejala hingga Cara Pencegahan Coronavirus
Coronavirus: Penyebab, Gejala hingga Cara Pencegahan Coronavirus (dok.ist)

Dilansir dari CNN, otoritas kesehatan China menyebut virus itu bisa menular dari manusia ke manusia. Virus itu dapat menyebabkan penyakit pneumonia atau radang paru-paru.

Kasus pneumonia yang ditemukan di Wuhan, Hubei, China menyita perhatian dunia. Kasus ini diduga disebabkan oleh Virus Corona sebagai patogennya.

Dilansir dari situs resmi WHO, virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS.
Secara global, virus corona baru muncul secara berkala di berbagai daerah, termasuk SARS pada 2002 dan MERS pada 2012.

Sementara itu, berdasarkan informasi resmi di cdc.gov, virus corona biasa ditemukan pada banyak spesies hewan, termasuk unta dan kelelawar.

Namun, terkadang virus corona yang menginfeksi hewan dapat berevolusi dan membuat orang sakit, menjadi virus corona manusia yang baru, seperti 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV), SARS-CoV, dan MERS-CoV.

Flu Virus corona yang dapat menginfeksi manusia seperti tipe 229E, NLL63, OC43, dan HKU1, biasanya menimbulkan penyakit saluran pernapasan bagian atas, dari ringan hingga sedang seperti flu biasa.

Penyakit biasanya hanya berlangsung singkat, disertai gejala hidung meler, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, dan demam.

Virus corona pada manusia, terkadang dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah, seperti pneumonia atau bronkitis. Ini lebih sering terjadi pada orang dengan penyakit kardiopulmoner dan orang dengan sistem kekebalan lemah (bayi atau orang tua).

Selain virus Corona, berikut beberapa virus yang sempat menggemparkan dunia:

Halaman
1234
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved