Yogyakarta

Cuma Butuh 126 Detik untuk Lintasi Underpass YIA

Sebagai catatan, pada ujicoba yang akan dimulai pada Jumat (24/1/2020), kecepatan maksimal yang diperkenankan yakni 40 kilometer per jam.

Cuma Butuh 126 Detik untuk Lintasi Underpass YIA
TRIBUNJOGJA.COM / Andreas Desca Budi Gunawan
Tampak dalam underpass YIA 

Laporan reporter tribunjogja.com, Andreas Desca Budi Gunawan

TRIBUNJGOJA.COM, KULONPROGO - Underpass YIA di Kapanewon Temon, Kulon Progo akan segera dibuka bagi masyarakat luas untuk proses ujicoba.

Terowongan yang memiliki panjang lebih kurang 1,4 Kilometer ini, digadang-gadang merupakan underpass terpanjang di Indonesia.

Sebagai catatan, pada ujicoba yang akan dimulai pada Jumat (24/1/2020), kecepatan maksimal yang diperkenankan yakni 40 kilometer per jam.

Melihat Lebih Dekat Underpass YIA

Hal ini disampaikan oleh M Syidik Hidayat, yang merupakan pejabat dari Satker PJN Wilayah Provinsi DIY, Kementerian PUPR.

Pada kesempatan ini, Kamis (23/1/2020) Tribunjogja.com pun melakukan ujicoba perjalanan dengan menggunakan sebuah sepeda motor.

Pada kesempatan pertama, Tribunjogja.com melintas dengan kecepatan 40 kilometer per jam, ternyata diperlukan waktu selama 126 detik ataupun 2:06 menit.

Lalu di kesempatan kedua, dengan kecepatan 50 kilometer per jam, Tribunjogja.com berhasil mencatat waktu 102 detik atau 1:42 menit.

Ternyata Ada Tempat Putar Arah di Underpass Yogyakarta International Airport

Sedangkan pada kecepatan 60 Kilometer per jam dikesempatan ketiga, tercatat waktu yang ditempuh selama 84 detik atau 1:24 menit.

Namun percobaan ini dilakukan saat underpass YIA dalam keadaan sepi, waktu tempuh yang akan dilalui saat sudah beroperasi mungkin dapat berbeda sesuai dengan kepadatan lalulintas dan kondisi Alam lainnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Andreas Desca
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved