Info Cuaca BMKG 20-22 Januari : Sejumlah Daerah Diguyur Hujan Kecuali Yogyakarta

Setidaknya hingga tanggal 22 Januari 2020 besok, BMKG memperkirakan Yogyakarta tidak akan diguyur hujan.

Info Cuaca BMKG 20-22 Januari : Sejumlah Daerah Diguyur Hujan Kecuali Yogyakarta
dok.ist/net
ilustrasi cuaca panas 

Dalam rentang waktu 20 - 22 Januari 2020 hujan turun di sejumlah daerah di tanah air. Intensitas hujan antara hujan lebat hingga hujan lebat disertai angin dan petir.

Meski hujan turun di sejumlah daerah, tidak demikian halnya dengan Yogyakarta.

Setidaknya hingga tanggal 22 Januari 2020 besok, BMKG memperkirakan Yogyakarta tidak akan diguyur hujan.

Adapun berdasarkan rilis BMKG yang ditayangkan pada Senin, 20 Januari 2020 disebutkan bahwa massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Jawa bagian Barat dan Utara, Bali, sebagian NTB dan NTT, sebagian besar Kalimantan bagian Barat, Tengah dan Selatan, sebagian Sulawesi bagian Tenggara, Selatan dan Barat, serta sebagian Papua Barat dan Papua.

Adapun daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh bagian Barat, Sumatera Utara bagian Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung bagian Barat, DKI, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Terdapat Konvergensi memanjang di Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, di Kalimantan Barat bagian Utara, dan dari Laut Jawa Timur hingga Perairan Utara NTT.

Belokan angin terdapat di Sumatera bagian Tengah dan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Selat Karimata, Kalimantan bagian Barat dan Tengah, Laut Jawa, dan Sulawesi bagian Tengah.

Berikut ini prakiraan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem BMKG periode 20 - 22 Januari 2020 :

Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah :

20 Januari 2020

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved