Bisnis

Wadahi UMKM, Hipmikimdo DIY Siapkan Hipmikimdo Mart

Selain mall online, toko offline ini disediakan sebagai sarana agar UMKM dapat memasarkan produknya tanpa melalui rantai distribusi yang panjang.

Wadahi UMKM, Hipmikimdo DIY Siapkan Hipmikimdo Mart
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Ketua DPD Hipmikimdo DIY BRAy Nuraida Joyokusumo mengatakan pihaknya menyiapkan Hipmikimdo Mart dan mall online Hipmikimdo untuk mewadahi UMKM di DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) DIY akan meluncurkan Hipmikimdo Mart untuk mewadahi UMKM anggota dalam memasarkan produknya.

Hipmikimdo Mart akan diluncurkan pada Januari 2020 bersamaan dengan launching mall online Hipmikimdo.

Ketua DPD Hipmikimdo DIY BRAy Nuraida Joyokusumo mengatakan, selain mall online, toko offline ini disediakan sebagai sarana agar UMKM dapat memasarkan produknya tanpa melalui rantai distribusi yang panjang.

"Jadi banyak memangkas ya, produk UMKM dimasukkan minimarket dinaikkan harga dengan drastis. Nah kita dari pelakunya sendiri, dari kita untuk kita. Kalau dinaikkan, minimarket tidak punya risiko, yang punya risiko UMKM nya," ujarnya belum lama ini.

5 Tahap Mudah Tutorial Skincare Morning Routine, Jaga Kulit Wajah Agar Sehat Sedari Pagi

Lanjutnya, para anggota langsung dapat memenuhi kebutuhan melalui Hipmikimdo Mart dengan harga lebih terjangkau.

"Juga, misal saya punya restoran, kebutuhan beras ambil dari luar Rp16.000, tapi dalam Hipmikimdo ada anggota, kita nggak perlu beli segitu. Dan si petani tidak perlu lewat birokrasi yang banyak," jelasnya.

Selain Hipmikimdo Mart, pihaknya juga menyiapkan 230 UMKM untuk mengikuti pelatihan sebelum masuk mall online Hipmikimdo.

"Zaman digital ini harus ada mall online," katanya.

Penjelasan Pemilik RM yang Kenakan Tagihan Rp800 Ribu untuk 2 Ekor Ayam

Menurutnya, para pelaku UMKM dibekali pelatihan terlebih dahulu agar dapat mengerti teknis dalam memasarkan produk mereka melalui market place online.

"Pelatihan ini membuat toko online, dilatih jangan sampai salah. Bagaimana dia foto-foto produknya, memasukkan di sana. Harapan kami mereka menguasai itu," ujarnya.

Ke depan, ia berharap mall online Hipmikimdo dan Hipmikimdo Mart dapat meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di DIY. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved