Bisnis

Awal Pekan, Rupiah Dekati Kisaran Rp 13.700 per Dollar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Senin (14/1/2020) kembali mengalami penguatan.

Awal Pekan, Rupiah Dekati Kisaran Rp 13.700 per Dollar AS
Kompas
Ilustrasi nilai tukar rupiah 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Awal pekan ini menjadi awal yang bagus untuk nilai tukar Rupiah.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pembukaan perdagangan di pasar spot pada Senin (14/1/2020) kembali mengalami penguatan.

Mengutip data Bloomberg pada pukul 8.23 WIB, rupiah dibuka pada level Rp 13.712 per dollar AS atau menguat 59 poin sebesar 0,43 persen dibandingkan penutupan Jumat Rp 13.771 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menyebut, saat ini pasar sedang fokus pada penandatanganan kesepakatan dagang fase satu antara AS dan China yang dijadwalkan dua hari mendatang.

Pedagang Sate Kobra Peroleh Berkah di Musim Ular

"Pekan ini pasar fokus ke penandatanganan kesepakatan dagang fase sayu AS dan China sekaligus jadwal pembahasan fase dua. Oleh karena itu, Pasar masih cukup optimis," kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menyebut, deputi PM China akan tiba di AS pada tanggal 13 Januari 2020, untuk mempersiapkan proses penandatanganan.

Sementara itu, hubungan dagang yang baik antara AS dan China dinilai akan bisa membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi global karena kedua negara ini adalah dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Diminta Presiden Jokowi Bantu Atasi Defisit Neraca Perdagangan, Ini Respon Ahok

"Sentimen positif itu akan membuat rupiah berpeluang menguat hari ini," jelasnya. Ariston memproyeksikan pergerakan rupiah pagi ini akan berasa di kisaran Rp 13.700 per dollar AS sampai dengan Rp 13.800 per dollar AS.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lanjutkan Penguatan, Rupiah Dekati Kisaran Rp 13.700 Per Dollar AS"
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Erlangga Djumena

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved