Kota Yogyakarta

Pemkot Yogyakarta Tetapkan 14.359 KK Terima KSJPS

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Yogyakarta menetapkan jumlah keluarga yang menjadi penerima program Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) un

Pemkot Yogyakarta Tetapkan 14.359 KK Terima KSJPS
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Yogyakarta menetapkan jumlah keluarga yang menjadi penerima program Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) untuk tahun ini.

Dari sebanyak 20.286 KK yang dilakukan pendataan dan terdiri dari 15282 KK data lama dan 5004 KK data baru, Dinsos menetapkan sebanyak 14.359 KK yang berhak menjadi penerima program KSJPS.

Kondisi itu turun sebanyak 923 KK atau sebanyak 6,04 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada di angka 15282 KK. Jika dihitung berdasarkan jumlah jiwa, penerima turun sebanyak 7,89 persen atau 3916 jiwa.

BPBD Sleman Utamakan Evakuasi Sarang Lebah yang ada di Rumah Warga

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat mengatakan, pihaknya memproyeksikan setiap tahun diharapkan akan ada penurunan penerima sebanyak 2050 atau 0,6 persen dari layanan itu dengan berbagi program yang ada.

"Maka tahun ini penurunan berada di angka 3916 yang targetnya adalah 2050," kata Agus Kamis (9/1/2020).

Dia menuturkan, para penerima program itu sudah dilakukan pendataan sejak awal tahun hingga November 2019 lalu.

Selain itu, dari data yang diperoleh juga dilakukan uji publik sampai dua kali, sehingga para penerima bisa dipastikan benar-benar dari keluarga yang kurang mampu.

Ditambahkannya, program gandeng-gendong yang dilaksanakan oleh Pemkot ikut berperan dalam menurunkan angka penerima KSJPS.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan program kelompok usaha bersama (KUBE) yang memberikan pelatihan ketrampilan bagi warga untuk meningkatkan kesejahteraan. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved