Penjelasan LTMPT Soal UTBK 2020 untuk Syarat Masuk Perguruan Tinggi Jalur SBMPTN

Nilai UTBK nantinya akan digunakan sebagai syarat utama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 melalui jalur seleksi SBMPTN 2020

Penjelasan LTMPT Soal UTBK 2020 untuk Syarat Masuk Perguruan Tinggi Jalur SBMPTN
ltmpt.ac.id
Jadwal SBMPTN 2020 

Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) adalah ujian wajib bagi siswa SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Nilai UTBK nantinya akan digunakan sebagai syarat utama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 melalui jalur seleksi SBMPTN 2020.

Bahkan, nilai UTBK tak hanya menjadi syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN), sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) saat ini juga telah menggunakan nilai UTBK sebagai seleksi calon mahasiswa.

Menurut laman resmi LTMPT sebagai lembaga resmi penyelenggara UTBK, UTBK tahun 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020 dari pendidikan menengah SMA/MA/SMK dan sederajat, serta lulusan paket C tahun 2018,2019 dan 2020.

“UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN,” ungkap laman resmi tersebut.

Mengetahui materi apa saja yang diujikan dalam UTBK 2020 membuat siswa siap untuk mengerjakan soal ujian.

LTMPT membagi materi UTBK 2020 menjadi dua kategori, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Berikut penjelasannya:

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Halaman
123
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved