Jawa

Belasan Komunitas Sepeda di Indonesia Ikut Gerakan LSR di Kota Magelang

Gerakan Last Sunday Ride (LSR) diikuti oleh ratusan pesepeda (goweser) dari berbagai komunitas sepeda dari berbagai daerah di Indonesia.

Belasan Komunitas Sepeda di Indonesia Ikut Gerakan LSR di Kota Magelang
Dokumentasi Pemkot Magelang
Belasan Komunitas Sepeda di Indonesia Ikut Gerakan LSR di Kota Magelang 

TRIBUNJOGJA.COM - Gerakan Last Sunday Ride (LSR) diikuti oleh ratusan pesepeda (goweser) dari berbagai komunitas sepeda dari berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan rutin akhir tahun ini untuk mengampanyekan olahraga sehat dan sepeda aman.

Pegiat Magelang Bersepeda (Mabes), Andy Cengpo mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang berkumpulnya Goweser Kota Magelang dan sekitarnya dengan menjalin silaturahmi sesama komunitas.

"Kegiatan ini diramaikan pesepeda dari 18 daerah di Indonesia. Mereka gowes dari titik kumpul di Tugu Aniem Kota Magelang melintasi jalur yang telah disiapkan panitia," kata Andy.

Kemeriahan Perayaan Tahun Baru 2020 di Kota Magelang

Rute antara lain di sepanjang 18,3 kilometer mulai dari Tugu Aniem-Jalan Yos Sudarso-Veteran-A Yani-RST Soedjono-Jalan Maluku-Jalan Sumba-Jalan Button-Kalimas-Sidotopo, kembali ke Jalan A Yani.

Kemudian melewati kawasan Armada Estate-Perum Depkes–Stadion Moch Subroto-Jalan Kapt Yahya, dan finish di Monumen Pancasila kawasan Taman Badaan.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membudayakan gerakan bersepeda di Kota Magelang. Awal gerakan LSR adalah memilki visi awal akan kota yang ramah, aman, dan nyaman untuk bersepeda," jelasnya.

Menurutnya, LSR berawal dari Jakarta dan kemudian berkembang ke kota-kota lain di Indonesia.

Semangat bersepeda LSR, katanya, sebagai bentuk gerakan urban cycling adalah mengutamakan keselamatan dan berbagi jalan dengan pengguna jalan lainnya dengan tetap bersenang-senang saat bersepeda melewati sudut-sudut kota.

Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, kata Andy, pesepeda LSR semakin punya ruang untuk menikmati bersepeda, terlebih di Kota Magelang yang punya pemandangan yang indah dan luar biasa.

Kamu Wajib Coba! Tiga Tips Super Gampang Membuat Lipstick Tahan Lama

"Selain itu, kita juga ingin menutup akhir tahun 2019 ini dengan aksi positif bersepeda. Kami harap, komunitas sepeda di Magelang akan terus eksis dan serius lagi mengampanyekan olahraga yang menyehatkan ini," imbuh salah satu anggota Mabes, Siska Sri Yoga.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Magelang, Ahmad Ludin Idris, sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh komunitas pesepeda tersebut.

Kegiatan ini adalah gerakan nyata membudayakan hidup sehat sehat dan ramah lingkungan.

"Kami harap kegiatan serupa terus digalakkan. Tidak hanya sepeda, bisa olahraga lain, seperti jalan, lari, sepatu roda dan sebagainya. Kegiatan seperti ini untuk membudayakan pola hidup sehat dan sadar lingkungan," tuturnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved