Estimasi Biaya Servis Mobil yang Terendam Banjir : Servis Ringan Hingga Harus Turun Mesin

Bagaimanakah menangani kendaraan yang terendam banjir? Dan berapa biaya servis mobil yang terendam banjir jika penangannya sampai harus turun mesin?

Estimasi Biaya Servis Mobil yang Terendam Banjir : Servis Ringan Hingga Harus Turun Mesin
Tribun Jakarta
Tribun Jakarta, Video BMW hanyut ketika banjir 

Banjir di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi telah merendam begitu banyak rumah warga. Selain itu, banjir juga merendam hingga menghanyutkan berbagai kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Akibatnya, kendaraan menjadi rusak karena perangkat elektronik maupun saluran bahan bakar kemasukan air.

Bagaimanakah menangani kendaraan yang terendam banjir? Dan berapa biaya servis mobil yang terendam banjir jika penangannya sampai harus turun mesin?

Twitter @DinoAyino, video masjid hanyut terseret banjir
Pul taksi terendam banjir (Twitter @DinoAyino)

Denny Sulistyo, Kepala Bengkel Honda Jakarta Center di Jl. Pangeran Jayakarta Jakarta Pusat, mengatakan ada beberapa tahap pengecekan bagi mobil yang terendam banjir.

“Kalau di tempat kami, saat mobil terkena banjir ada tiga tahapan, level satu cuma kena banjir setengah ban. Di level satu ini, biasanya yang bermasalah sektor pengereman dan kelistrikan saja,” ucapnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Denny mengatakan, dalam kondisi ringan seperti pada pengecekan level satu, efek banjir pada mobil hanya mengenai bagian eksterior saja, sementara interiornya masih aman.

Pengecekan sistem pengereman bertujuan untuk memastikan rem masih dalam kondisi baik dan dapat bekerja maksimal.

Sopir taksi daring, Jefri, yang sempat terjebak banjir di Jalan Kemang 1, Bangka, Jakarta Selatan pada Kamis (2/1/2020).
Sopir taksi daring, Jefri, yang sempat terjebak banjir di Jalan Kemang 1, Bangka, Jakarta Selatan pada Kamis (2/1/2020). (TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas)

Sementara pengecekan sistem kelistrikan bertujuan untuk memastikan seluruh fungsi elektrikal bekerja dengan baik.

Sebab menurutnya sering terjadi pada mobil yang habis menerjang banjir, lampu indikator di panel depan menyala, tanda ada sesuatu yang tidak berfungsi.

“Kalau masih level satu biaya jasanya sekitar Rp 800 ribuan, belum termasuk penggantian komponen jika dibutuhkan,” kata Denny.

Halaman
1234
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved